oleh

850 Personel Gabungan Siaga Natal dan Tahun Baru

TIMIKA – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban pada hari raya Natal dan Tahun Baru, Kepolisian Resor Mimika, Senin (21/12) kemarin menggelar pasukan gabungan TNI dan Polri serta unsur terkait. Apel gelar pasukan ini dilaksanakan di lapangan upacara Mapolres Mimika, di Jalan Agimuga, Mile Point 32 yang dipimpin langsung Kapolres Mimika, AKBP  I Gusti Gde Era Adhinata, SIK.

Dalam apel gelar pasukan itu, Kapolres Mimika membacakan amanat Kapolri, Jenderal Pol Drs Idham Azis, yang menyebutkan bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

Dalam amanat Kapolri, juga menjelaskan bahwa  Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari Senin (21/12) kemarin, hingga Senin (4/1) mendatang.

Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

Kapolri dalam amanatnya juga mengatakan pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan lain-lain.

Kapolri juga berpesan kepada seluruh jajaran TNI dan Polri dan instansi terkait yang terlibat pengamanan Natal dan Tahun Baru, agar siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jajaran TNI Polri juga diminta melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Mingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya.

Sementara itu Kapolres Mimika yang ditemui wartawan usai mempimpin apel gelar pasukan, mengatakan apel gelar pasukan yang dilaksanakan Polres Mimika itu melibatkan unsur TNI dan Polri, unsur terkait dan elemen masyarakat.

“Harapan kami dengan apel ini, kami bisa konsolidasi untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kota Timika. Personel yang kita libatkan ada sekitar 850 yang terdiri dari TNI dan Polri serta instansi terkait dan elemen masyarakat,” jelas AKBP Era.

Lebih lanjut kata Kapolres bahwa untuk pelaksanaan operasi Lilin Matoa 2020 sendiri, pihaknya akan menempatkan personel di 4 pos pengamanan, yakni di Jalan Budi Utomo tepatnya di depan pusat perbelanjaan Diana Shopping Center, Jalan Hasanuddin, Jalan Cenderawasih dan Jalan Yos Sudarso.

“Ada empat titik pos, namun dibantu juga oleh jaringan pos kamling dan satuan pengamanan yang ada wilayah Kota Timika. Kita juga sudah koordinasi untuk pengamanan di gereja- gereja untuk pelaksanaan ibadah, tetap kita lakukan seperti tahun-tahun sebelumnya,” paparnya. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *