oleh

Kodim dan Suku Dem di Kwamki Narama Panen Raya Sayur dan Buah

TIMIKA – Kodim 1710/Mimika bersama masyarakat Suku Dem di Kampung Mendeme Distrik Kwamki Narama, gelar panen raya bersama sayur dan buah. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (21/12) tersebut, dihadiri pula Kepala Distrik Kwamki Narama, Hence Suebu.

Dalam rilis tertulis yang diterima Radar Timika, Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya menuliskan untuk mewujudkan ketahanan pangan, Kodim bersama satuan TNI lainnya terus berusaha bersama masyarakat dan dalam mewujudkan impian ketahanan pangan. Karena ketersediaan pangan menjadi salah satu faktor penting, dalam perkembangan suatu wilayah mengingat pangan merupakan kebutuhan dasar manusia.

Disebutkan pula, lahan tersebut dibuka bersama anggota Kodim dan pihaknya membantu kebutuhan kelompok tani. Seperti penyiapan bibit, pemupukan sampai dengan pembukaan lahan yang didukung oleh Dinas Pertanian. Sedangkan pemanfaatan hasil kebun ini akan dijual ke PT Freeport Indonesia.

Dandim Yoga Cahya Prasetya mengharapkan, hasil perkebunan suku Dem bisa diserap oleh Freeport, dan petani Suku Dem harus mengetahui jenis tanaman yang dibutuhkan pasar. Dengan harapan, hasil pertanian bisa terjual.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Koperasi Pemda terkait hasil kebun suku Dem dan berharap, Pemda bisa menjembatani agar hasil kebun bisa diserap oleh Freeport. Kalaupun tidak bisa menampung semuanya, kan bisa dijual ke hotel atau warung makan di Timika,” ungkapnya

Ia menyampaikan, kegiatan serupa akan terus dilakukan oleh Kodim 1710/Mimika bersama pihak lainnya untuk mewujudkan kesejahteraan suku Dem dan masyarakat Papua lain. Kegiatan yang dilakukan oleh TNI ini dinilai menjadi insipirasi demi memajukan orang Papua. Diharapkan, pengembangan perkebunan ini bisa dijadikan sebagai bentuk kampanye, dalam memajukan pertanian masyarakat asli Papua di Kabupaten Mimika.

Kepala Distrik Kwamki Narama, Hence Suebu menilai apa yang dilakukan TNI sudah baik. Ia berharap ada keluasan lahan sehingga pertanian dapat tumbuh di Kwamki Narama. Di sisi lain, Anggota Tim Percepatan Pengembangan Sumber Daya Alam, Bernad Ansaka, SP mengapresiasi TNI yang telah memberdayakan Kelompok Tani Suku Dem di Kwamki Narama, dengan mendampingi dan mengajari warga bercocok tanam hingga menikmati hasilnya.

Sebelumnya, panen raya yang digelar itu masih merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat Kwamki Narama, yang bekerja sama dengan Satgas Mandala dan Dinas Pertanian Kabupaten Mimika. Turut hadir dalam kegiatan panen ini ialah Danramil Kota Timika, Kapten Inf Heru Teguh Ponco dan Danramil Kuala Kencana, Kapten Inf Abdul Munir. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *