oleh

Rehab Fasilitas 3 Kampung di Tembagapura Butuh Anggaran Besar

TIMIKA – Anggaran untuk melakukan rehab fasilitas umum baik rumah sakit, jembatan maupun rumah-rumah masyarakat di tiga kampung yakni Banti I, Banti II dan Opitawak Distrik Tembagapura membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Dengan tingkat kerusakan yang cukup parah akibat adanya gangguan oleh KKB dan telah ditinggal oleh masyarakat selama hampir 10 bulan lamanya, fasilitas yang ada di tiga kampung ini membutuhkan renovasi dengan anggaran yang sangat besar.

Hal itu diungkapkan Kepala Distrik Tembagapura Thobias Jawame, Selasa (22/12). Menurutnya, perbaikan fasilitas yang ada di tiga kampung ini harus dilakukan dan akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk mengembalikan tiga kampung ini seperti semula sebelum terjadinya konflik menurut Thobias, diperlukan dukungan penuh dari Pemda dan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Disebutkannya, beberapa fasilitas yang rusak ini diantaranya balai kampung, Puskesmas Pembantu (Pustu), PAUD dan TK. Sedangkan sekolah SD dan SMP yang difasilitasi oleh perusahaan ini juga harus diperbaiki.

“Dengan kondisi situasi yang kita survey itu butuh anggaran yang besar,” ujar Thobias. Disebutkannya, fasilitas-fasilitas umum membutuhkan anggaran yang sangat besar untuk pembangunan seperti jembatan permanen serta jalan yang menghubungkan kampung ke kampung dan juga kampung ke ibu kota distrik, selain itu masalah air bersih dan listrik. Selain infrastruktur, pemerintah dan PTFI juga harus melihat fasilitas umum seperti bangunan sekolah dan Puskesmas.

Lanjutnya, untuk rumah warga yang berada di 3 kampung dengan kondisi yang rusak dan tidak bisa untuk ditempati diperkirakan lebih 300 rumah. Ditambahkanya, untuk membangun sejumlah fasilitas dan rumah warga yang sudah rusak diperlukan kerjasama dalam artian membagi tugas kerja agar apa yang menjadi program bisa terealisasi sehingga di awal tahun 2021 masyarakat Banti I, Banti II dapat Opitawak sudah bisa kembali ke kampung halaman mereka.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *