oleh

Kabid Humas : Malam Pergantian Tahun di Papua Kondusif

TIMIKA- Kapolda Papua, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw melalui Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs AM Kamal, SH mengatakan untuk situasi kamtibmas secara keseluruhan Provinsi Papua, saat malam pergantian tahun 2020 ke tahun 2021 sangat aman dan kondusif.

Hal itu disampaikan Kabid Humas dalam rilisnya yang diterima Radar Timika, Sabtu (1/1) lalu.

Menurut Kombes Kamal, pada malam pergantian tahun di Tanah Papua, berjalan sesuai dengan maklumat Kapolri Nomor : Mak/4/XII/2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Selain penempatan personel baik itu TNI dan Polri, Sat Pol PP dan beberapa komunitas seperti Senkom, RAPI dan Orari personel. Personel gabungan juga melaksanakan patroli roda dua, roda empat dan roda enam untuk mengantisipasi adanya perkumpulan masyarakat. Edukasi tentang protokol kesehatan terus kami sampaikan kepada warga, baik yang ada di perkotaan maupun di perkampungan di malam pergantian tahun agar kita semua terhindar dari Covid-19 di Papua,”jelas Kabid Humas dalam rilisnya.

Selanjutnya Kabid Humas, juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu aparat keamanan, dalam menjaga kamtibmas di Tanah Papua selama ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah bekerja sama dengan aparat keamanan dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Ini semua berkat kerjasama kita semua tidak mungkin aparat keamanan dapat bekerja sendiri tanpa campur tangan semua pihak,”ungkapnya.

Sebelumnya Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata yang ditemui wartawan, Kamis (31/12) lalu di kantor Pelayanan Polres Mimika, juga mengatakan bahwa untuk pengamanan malam pergantian tahun, pihaknya melibatkan bersama unsur TNI dan instansi terkait serta elemen masyarakat.

“Apapun langkah-langkah yang kami lakukan, harapan kami agar masyarakat bisa patuhi. Di mana kami laksanakan sesuai instruksi Bupati, yakni untuk tempat hiburan malam, buka dari pukul 18.00 WIT sampai 21.00 WIT. Kemudian untuk tidak merayakan perayaan tahun baru secara berlebihan. Dan semua itu sudah kami imbau ke hotel-hotel, tempat hiburan untuk tidak merayakan perayaan tahun baru di tempatnya masing-masing. Dan itu sudah dipahami oleh semua,”jelas Kapolres.

Selain itu kata AKBP Era juga bahwa mengungkapkan, bahwa pihaknya juga melakukan penutupan pada ruas jalan Budi Utomo untuk mengantisipasi adanya konvoi kendaraan pada malam pergantian tahun.

“Kita tutup jalan Budi Utomo, dan kita juga lakukan penyekatan apabila ada penumpukan masyarakat, pada saat malam pergantian tahun,”paparnya.

Meski demikian, namun dari pantauan Radar Timika pada malam pergantian tahun baru masih ada ada masyarakat yang tetap membunyikan petasan dan kembang api. Akan tetapi aparat keamanan TNI dan Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres Mimika dan Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya turun langsung ke jalan untuk melakukan pengamanan malam pergantian tahun. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *