oleh

Pencarian Nahkoda Sinar Intan 02 Dihentikan, Sesuai Permintaan Korban dan Keluarga

TIMIKA – Kepala SAR Timika, Monce Brury menyatakan, pihaknya menghentikan pencarian terhadap Nahkoda KMN Sinar Intan 02, Capt Ekayadi, (35), yang merupakan salah satu dari enam korban kecelakaan perairan di Kaimana. Namun, ia memastikan akan melanjutkan kegiatan pencarian jika ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Monce Brury, Senin (28/12) pekan lalu menuliskan, pihaknya mengentikan pencarian nahkoda Sinar Intan tersebut, setelah adanya rembuk yang dilakukan dengan para korban selamat, keluarga dan kerabat. Namun begitu, ia memastikan pemantauan masih terus dilakukan. Termasuk menyebarkan informasi kepada masyarakat sekitar lokasi kecelakaan perairan.

“Kita sendiri sudah mendapatkan sejumlah kepingan dari bagian yang diduga milik kapal Sinar Intan, tapi korban belum kita temukan. Kita mengentikan pencarian dengan laut, tapi terus melakukan pemantauan. Kalau ada hasil pasti akan kita sampaikan,” tulisnya.

Sebelumnya, Kamis (24/12) lalu, Basarnas Timika merilis laporan mengenai kecelakaan perairan KMN Sinar Intan 02 yang dilaporkan berangkat dari Timika pada 19 Desember, sekitar pukul delapan pagi dengan tujuan ke Kabupaten Sarmi. Dua hari kemudian, kapal yang dimaksud dilaporkan mengalami kerusakan pada lambung kapal dan tenggelam di perairan Kaimana.

Sedangkan pada 23 Desember 2020 sekitar pukul tiga sore, lima orang Anak Buah Kapal (ABK) Sinar Intan 02 antara lain, Jenuri, Arif, Imran Sam, Agus dan Syamsuddin dilaporkan berhasil menyelamatkan diri ke pesisir pantai Buruwai di Kabupaten Kaimana. Tetapi seorang korban yang juga nahkoda KMN Sinar Intan 02, yakni Capt Ekayadi, diduga hilang sejak kecelakan perairan itu terjadi.

Informasi tersebut kemudian diterima oleh Pos SAR Kaimana melalui Polairud Kaimana pada 24 Desember pukul enam pagi. Sekitar 20 menit kemudian, sejumlah personel SAR gabungan kemudian diterjunkan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan RIB 400 PK. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *