oleh

Disdik Siapkan Skema Pembelajaran Tatap Muka

TIMIKA – Meski belum ada keputusan dimulainya kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah, namun Dinas Pendidikan Mimika meyiapkan skema pembelajaran. Sistem shift untuk membatasi jumlah murid pada setiap jam pelajaran akan menjadi skema utama jika sekolah mulai dibuka.

Pj Sekda Mimika, Jeni Usmany, SPd MPd yang juga adalah Kepala Dinas Pendidikan Mimika ketika ditemui di SMP Negeri 2, Selasa (5/1) kemarin mengatakan, terkait pembelajaran tatap muka, Menteri Pendidikan menyarankan dikembalikan ke Pemda setempat. Hal lain yang jadi pertimbangan adalah instruksi Mendagri yang melarang adanya kegiatan kerumunan dan kepala daerah bisa diberi sanksi. “Jadi semua hal harus dipikirkan, cuma kalau ada klaster baru siapa yang tanggungjawab,” terangnya.

Disdik Mimika akan menggelar pertemuan dengan ketua komite dari semua sekolah sebagai reprsentatif orang tua murid untuk membicarakan terkait rencana belajar tatap muka. Itu dilakukan karena Disdik ingin keputusan itu merupakan keinginan dari orang tua.

“Kalau ada orang tua minta tatap muka maka kita akan mengatur di sekolah. Jadi mengikuti protokol kesehatan. Tapi tergantung orang tuanya mau atau tidak karena orang tua harus membuat pernyataan di atas materi 6.000 supaya kalau ada masalah tidak dilimpahkan ke sekolah atau pemerintah,” ujarnya.

Jeni mengatakan, jika memang orang tua ingin belajar tatap muka maka sekolah akan menerapkan skema shift. Kemudian metode pembelajaran baru dengan mengurangi jam pelajaran maksimal hanya 3 jam tanpa istrahat. Sehingga anak harus membawa bekal dari rumah agar tidak keluar dari kelas.

Jadi motode pemebelajaran di era new normal akan berbeda. Jam dikurangi dan anak atau murid hanya ke sekolah 2-3 hari dalam seminggu. Ini dijelaskan Jeni merupakan implementasi hakekat pendidikan dimana keluarga harus berperan lebih banyak dalam membimbing dan guru hanya membantu menjelaskan apa yang tidak jelas. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *