oleh

Disnakkeswan Lakukan Pendampingan Kepada Penjual Produk Pangan Asal Hewan

TIMIKA – Guna memberikan jaminan akan produk pangan asal hewan yang dikonsumsi oleh masyarakat di Kabupaten Mimika Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) rutin melakukan kegiatan pendampingan kepada para penjual maupun distributor penyedia daging.

Kepala Bidang (Kabid) Keswan pada Disnakkeswan, drh Erma Nur Bakti, Selasa (5/1) mengatakan pemerintah terus memastikan agar produk pangan asal hewan yang tersedia di seputaran kota Timika layak untuk dikonsumsi.

Pihaknya kata drh Erma, selain melakukan pemeriksaan rutin terhadap produk pangan asal hewan mulai daging sapi, daging ayam dan jeroannya, juga tidak henti-hentinya terus memberikan pendampingan kepada para penjual dan distributor agar terus menyediakan kualitas produk yang hygienis.

“Kita terus melakukan pendampingan, kita terus berikan pengertian kepada para penyedia produk pangan asal hewan,” ujarnya.

Dikatakan, selama pengawasan dan pendampingan yang dilakukan oleh tim Keswan, secara umum produk pangan asal hewan yang dijual oleh para distributor maupun toko-toko daging sudah sangat baik. Ada peningkatan setiap tahun seperti pada kemasan yang membungkus produk sudah lebih baik dengan menggunakan plastik bening.

Namun, masih ada beberapa pengecer di pasar-pasar yang masih belum memperhatikan penataan produk daging dan kebersihan serta tempat penyimpan daging yang sudah rusak.

“Selalu kita ingatkan, selain dinas mengawasi, mengontrol masyarakat juga harus memperhatikan kualitas pangan asal hewan yang akan dia konsumsi,” pungkasnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *