oleh

Penggunaan APBD 2021 Tinggal Menunggu Nomor Register

TIMIKA – Setelah disahkan pada Desember 2020 lalu, APBD Tahun 2021 tinggal menunggu pemberian nomor register oleh Pemprov Papua sebelum digunakan oleh Pemda Kabupaten Mimika. APBD Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 3,6 triliun atau tepatnya Rp 3.639 754.268.763, 85 diharapkan dapat segera digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan, terutama untuk kepentingan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 mendatang.

Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng, Selasa (5/1) mengatakan, setelah disahkan, Legislatif sangat berharap kepada Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemda Mimika secepatnya mengambil langkah-langkah untuk berkomunikasi dengan TPAD Pemprov Papua guna melakukan evaluasi terhadap APBD 2021 tersebut. Evaluasi APBD 2021 ini menurut Robby harus segera dilakukan mengingat sejumlah kegiatan terutama proyek fisik demi kepentingan PON XX harus segera dilaksanakan.

“Ketua Tim TAPD Kabupaten Mimika diharapkan bisa secepatnya mengambil langkah komunikasi dengan TAPD Provinsi untuk evaluasi karena mengingat kegiatan yang berkaitan dengan PON ini sangat urgent sehingga bisa secepatnya dikomunikasikan agar ada nomor register dari provinsi dan OPD teknis bisa jalankan kegiatan,” jelas Robby.

Lanjutnya, TPAD Kabupaten Mimika diharapkan tidak mengulur-nglur waktu dan tinggal diam berkaitan dengan evaluasi APBD 2021 bersama TAPD Pemprov Papua ini. TAPBD Kabupaten sebutnya harus “jemput bola” agar secepatnya bisa melakukan evaluasi dan setelahnya nomor register bisa keluar sehingga dinas-dinas bisa melaksanakan kegiatan.

Dikatakan Robby, agar waktu yang ada ini bisa dimaksimalkan dengan baik sebelum pelaksanaan hajatan skala nasional, maka dinas teknis yang mempunyai kegiatan yang berkaitan dengan PON diharapkan bisa secepatnya untuk melakukan pelelangan.

“Karena kalau kita tidak laksanakan secepatnya itu, pelelangan baru dilaksanakan pada bulan ke tiga atau ke empat, itu pasti akan lambat kegiatannya,” jelasnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *