oleh

340 WP Manfaatkan Insentif Perpajakan

TIMIKA – Sebagai salah satu langkah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai dampak dari pandemi Covid-19 belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat atau Wajib Pajak (WP) yang terdaftar di KPP Pratama Timika. Untuk itulah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Timika sejak Tahun 2020 lalu telah melaksanakan program insentif perpajakan yang diberikan oleh pemerintah sesuai arahan Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jendral Pajak.

Dalam pemanfaatan insentif perpajakan ini, sampai dengan akhir tahun 2020 lalu, baru 340 WP yang memanfaatkan fasilitas ini.  Ada sejumlah 130 WP memanfaatkan PPh Pasal 21 ditanggung pemerintah, 123 WP Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memanfaatkan PPh Final PP-23 ditanggung pemerintah, 42 WP memanfaatkan Pengurangan PPh Pasal 25, yang memanfaatkan pembebasan PPh Pasal 22 sebanyak 26 WP, pengajuan Surat Keterangan Bebas PPh Pasal 23 sebanyak 15 WP dan permohonan proses restitusi PPN dipercepat sebanyak 8 WP.

Kepala KPP Pratama, Tirta, Jumat (8/1) menjelaskan jika nilai Realisasi Insentif Pajak yang dilaporkan oleh Wajib Pajak yanbg terdiri dari PPh Pasal 21 Ditanggung Pemerintah sebesar Rp 27,14 miliar Pengurangan PPh Pasal 25 sebesar Rp 1,61 miliar, PPh Pasal 23 dibebaskan sebesar Rp 380 juta dan Pengembalian PPN dipercepat sebesar Rp 12,81 miliar.

Tirta menyebutkan untuk langkah-langkah yang telah dijalankan oleh KPP Pratama Timika pada tahun 2020, dalam rangka pengamanan penerimaan diantaranya menjalankan sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan secara daring/online, maupun dengan memanfaatkan Media Massa (cetak, online dan Radio) serta Media Sosial, dalam rangka menyikapi merebaknya Pandemi Covid-19.

Selanjutnya, menjalankan penelitian atau analisis terhadap usaha Wajib Pajak, karena tidak semua sektor usaha terdampak pandemi Covid-19, antara lain sektor perdagangan kebutuhan pokok serta melakukan pendekatan secara persuasive kepada wajib pajak.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *