oleh

Dana Desa Tahun 2021 di Mimika Capai Rp 612 Miliar

TIMIKA – Kucuran anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada 133 kampung di Kabupaten Mimika pada Tahun 2021 melalui Dana Desa (DD), jumlahnya mencapai angka Rp 612 miliar. Adapun tahapan pelaporan pertanggungjawaban penggunaan DD kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Timika masih sama petunjuk teknisnya (juknis) seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kepala KPPN Timika, Anggraini Latupeirissa, Senin (11/1) mengatakan, di tahun 2021 ini, DD yang masuk untuk 133 kampung di Timika sejumlah Rp 612 miliar  dengan alokasi setiap kampung yang berbeda-beda.

“Untuk tahn 2021 ini Dana Desa untuk 133 kampung sebesar Rp 612 miliar ,” ujarnya.

Disebutkanya, berdasarkan petunjuk teknis pencairan DD yakni tiga tahap, diikuti dengan aturan dari Pemerintah Pusat. Aturan ini sendiri bisa turun dengan mengikuti kondisi dan situasi di lapangan.

Dalam proses pencairan DD sepanjang tiga tahap ini kata Anggraini, jika ada syarat yang sudah dilengkapi, maka dana bisa dicairkan terlebih dahulu dengan dukungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung serta Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD).

Untuk diketahui pada Tahun 2020 lalu, laporan pertangungjawaban (LPj) DD dari 133 kampung sudah masuk 100 persen. Walaupun sempat mengalami kendala teknis sehingga jelang akhir tahun baru 70 persen dari 133 kampung yang menyerahkan LPj, namun setelah diperpanjang hingga Desember 2020, semua kampung berhasil menyertakan LPj kepada pemerintah.

“133 kampung selalu semua masuk laporanya, 100 persen,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *