oleh

Terminal Baru Bandara Direncanakan Mulai Difungsikan Maret 2021

TIMIKA – Terminal baru Bandara Mozes Kilangin yang dibangun Kementerian Perhubungan hampir rampung. Bahkan Unit Pelaksana Bandara Udara (UPBU) Mozes Kilangin berencana mulai menggunakan terminal baru mulai Maret 2021 mendatang.

Kepala UPBU Mozes Kilangin, Syamsuddin yang ditemui Senin (12/1) lalu di kantornya mengatakan, pembangunan terminal yang dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ditargetkan rampung pada Agustus 2021 mendatang.

Bahkan kata dia, untuk lantai satu sebenarnya sudah bisa digunakan meskipun hanya operasional terbatas, tapi bisa untuk melayani penumpang. Hanya saja memang masih menunggu selesainya pembangunan jalan akses dan juga area parkir yang sedang dikerjakan oleh Pemda Mimika.

Terminal Bandara Mozes Kilangin yang baru diungkapkan Syamsuddin bisa menampung sampai 4 ribu penumpang sekaligus. Makanya dengan semakin ramainya penerbangan, terus diupayakan agar terminal bisa secepatnya difungsikan. “Terminal kami rencana lantai satu kita rencanakan kalau Tuhan izinkan bisa gunakan pada Bulan Maret,” ungkapnya.

Operasional nantinya masih terbatas sembari melengkapi fasilitas lainnya baik elektrikal dan mekanikal utamanya di lantai dua. Lantai dua juga belum bisa difungsikan karena masih banyak kekurangan, termasuk garbarata atau jembatan penghubung ke pesawat yang nantinya dilalui oleh penumpang.

Namun ditambahkannya, terminal baru bisa difungsikan jika jalan akses dan area parkir bisa secepatnya dirampungkan oleh Pemda Mimika melalui OPD terkait.

“Mudah-mudahan bisa berjalan sesuai rencana,” tegasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *