oleh

Karantina Pertanian Terus Dukung Upaya Ekspor Kopi Amungme Gold

TIMIKA – Demi mendukung gerakan tiga kali lipat ekspor komoditas pertanian (Gratieks), Karantina Pertanian Timika terus melakukan upaya peningkatan ekspor di wilayahnya. Setelah melakukan kunjungan ke desa penghasil ekspor komoditas pertanian, upaya selanjutnya adalah melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan Kopi Amungme.

Kepala Karantina Pertanian Timika, Tasrif, Kamis (14/1) mengungkapkan bahwa kopi ini berjenis arabika, ditanam di tiga kampung yaitu Aroanop, Hoeya dan Tsinga. Cita rasa dan aroma khasnya, menjadikannya sangat diminati oleh masyarakat lokal dan Amerika Serikat.

“Inilah yang menjadi tantangan bagi Karantina Pertanian Timika untuk turut serta menggenjot kopi Amungme agar dapat diekspor dalam skala besar,” ujarnya.

Lanjutnya, kopi Amungme memiliki potensi untuk diekspor, namun keterbatasan produksinya masih menjadi kendala. Diperlukan peran bersama untuk mengembangkan potensi ini baik dari pemerintah daerah, pemerintah pusat pengusaha maupun petani lokal.

Ia berharap dengan kerjasama dan dukungan dari seluruh elemen, Karantina Pertanian Timika dapat menjadi fasilitator ekspor kopi arabika dari Timika ke Amerika yang dapat menambah devisa negara dan menggerakkan perekonomian Timika.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *