oleh

Pelatih Persipura Dapat Lisensi Barca Universitas

JAYAPURA – Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, mendapatkan  sertifikat dari program kursus kepelatihan yang diinisiasi Barca Innovation Hub-Universitas selaku salah satu lembaga penyedia kursus ilmu sepak bola yang didirikan oleh klub raksasa Spanyol, Barcelona FC.

Program kursus diikuti Jacksen Tiago secara daring Juli 2020 lalu, berlangsung selama tiga bulan hingga Oktober. Jacksen merasa bangga bisa menyelesaikan kursus kepelatihan yang digelar secara virtual oleh Barca Innovation Hub Universitas.

Dalam kursus tersebut, Jacksen tak hanya diberikan materi-materi kepelatihan tetapi juga mendapatkan tugas-tugas sebagai bahan kelayakan ujian, seperti tugas akhir yang mirip skripsi. “Banyak hal pasti yang saya dapat di situ, seperti tentang filosofi dan metodologi latihan mereka,” katanya.

Jacksen mengaku bangga dan bersyukur setelah dinyatakan lulus dalam program tersebut, karena menambah wawasan dan lisensi kepelatihan, meskipun kompetisi sepak bola Indonesia  kini tengah mandeg akibat pandemi virus corona.  “Senang bisa mengikuti program kursus itu. Lisensi yang saya dapat ini akan saya simpan dan pergunakan dengan sebaik-baiknya bersama lisensi-lisensi lain,” ucapnya.

Ia bahkan mengunggah sertifikat lisensi kepelatihannya itu di akun media sosial Instagram pribadinya dengan menuliskan sebuah ungkapan bijak. Waktu yang sulit, pikiran yang negatif, ciptakan

Jacksen F. Tiago memang dikenal sebagai salah satu pelatih di persepakbolaan Indonesia yang tak pernah berpuas diri dengan perjalanan kariernya. Dia kerap mengikuti pelatihan maupun workshop tentang wawasan kepelatihan.  Di samping itu, Jacksen juga seringkali membagi ilmu sepak bolanya kepada generasi muda Indonesia via coaching clinic.

Belakangan dia menggagas sebuah kegiatan pelatihan bertajuk football camp bagi anak usia dini. Setelah sukses di football camp pertama yang digelar di Kota Batu, Malang beberapa waktu lalu, Jacksen akan kembali menggelar kegiatan serupa dalam waktu dekat. (al/rasor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *