oleh

Jumlah Curah Hujan pada 2020 Capai 7154,8 Milimeter

TIMIKA – BMKG Kabupaten Mimika merilis data tahunan parameter cuaca signifikan yang terjadi sepanjang Tahun 2020 di Mimika. Dari data tersebut, Mimika dinilai masih dalam kadar normal soal cuaca.

Forecaster BMKG Mimika, Muhammad Inggit Rizki Ansori, Selasa (19/1) menjabarkan pihaknya di Stasiun Meteorologi Timika mencatat sejumlah hal untuk mengukur cuaca di Timika. Hal itu antara lain, tekanan udara, kecepatan dan arah angin, kejadian cuaca ekstrem, curah hujan, lama penyinaran matahari, serta suhu dan kelembaban udara.

Jumlah curah hujan di Timika sepanjang Tahun 2020 disebut mencapai 7154,8 milimeter. Sedangkan lama penyinaran matahari rata-ratanya di tahun yang sama mencapai 4,2 jam per hari.

Suhu udara rata-rata disebut mencapai 25 Celcius. Kelembaban rata-rata mencapai 92 persen. Untuk tekanan udara terukur sekitar 1010.8 milibar. Anginnya sendiri rata-rata berhembus sekitar 10 km per jam.

“Kecepatan angin maksimum terjadi tahun lalu pada tanggal 20 Februari itu 48 km per jam dari arah tenggara,” sebutnya.

Di tahun 2020, hujan sangat lebat tercatat terjadi sebanyak 9 kali. Dan suhu di Timika sempat tercatat mencapai angkat 35 derajat sebanyak dua kali. “Itu di tanggal 28 dan 29 Februari,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *