oleh

Anggota Dewan Usul Tanam Tanaman yang Bermanfaat, Di Pot yang Ada di Median Jalan

TIMIKA – Puluhan pot bunga yang telah rampung dibangun oleh Pemda Mimika di sepanjang Jalan Cenderawasih, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan penanaman pohon ataupun bunga yang mempunyai umur panjang. Bila melihat selama ini bunga-bunga yang ditanam di sepanjang median jalan baik di Jalan Yos Sudarso dan Jalan Cenderawasih, belum menampakkan estetika kota karena ditanam jenis bunga yang gampang mati dan tidak meneduhkan pengguna jalan.

 

Hal itu disampaikan Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nathaniel Murib saat ditemui Radar Timika, Jumat (22/1) di Kantor DPRD. Menurutnya, penghijauan saat ini sangat dibutuhkan. Penghijauan untuk suatu kota yang padat penduduknya sangat membantu orang di sekitarnya.

Pohon-pohon rindang yang ditanam di tepi jalan sebutnya harus mampu meneduhkan jalan sehingga membuat pengguna jalan merasa sedikit lebih nyaman ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Namun, selama ini kata Nathaniel pemerintah terkesan asal-asalan dalam membangun proyek pot bunga ini dengan tidak disertai perencanaan yang matang. Median jalan di dua ruas jalan utama sebutnya hanya ditanami bunga-bunga yang tidak menyejukkan pengguna jalan.

“Seharusnya bunga-bunga yang ditanam itu yang awet, umurnya panjang seperti pohon-pohon supaya kita yang pengendara ini bisa meresa teduh kalo pas panas di jalan raya,” jelasnya.

Disebutkan Anggota Komisi A ini, ada sejumlah pohon yang bisa ditanam di pot-pot bunga yang sudah rampung tersebut. Seperti pohon kiara payung, pohon kersen, pohon flamboyan, pohon glodokan tiang, pohon bungur, pohon cemara dan pohon palem. Selain rindang, tambahnya beberapa pohon tersebut juga kerap berbunga sehingga bukan saja meneduhkan pejalan kaki tapi juga indah dipandang mata.

“Jangan tanam bunga yang cepat mati itu, tapi pohon yang berguna, indah juga kalau kita lihat, yang perlu juga dinas itu ada biaya perawatan biar tidak asal tanam lalu kasih tinggal saja,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *