oleh

Dua Hari Portal Otomatis Diterapkan, Rp 11 Juta Retribusi Terkumpul

TIMIKA – Setelah melakukan uji coba terhitung mulai Jumat (29/1) lalu, penarikan retribusi parkir di Pasar Sentral sudah menggunakan portal otomatis yang diluncurkan oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mimika, Michael Gomar dan dihadiri beberapa pejabat.

Dalam dua hari Disperindag sebagai petugas pemungut berhasil mengumpulkan total Rp  11.017.000. Pada Jumat (29/1) atau pada hari peluncuran terkumpul Rp 4.153.000 dan pada Sabtu (30/1) terkumpul Rp 6.864.000.

Kepala Disperindag Mimika, Michael Gomar kepada Radar Timika mengatakan ini merupakan awal yang cukup baik dan sangat positif dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah yang digunakan untuk membiayai pembangunan di Mimika.

Mengenai beberapa kendala kata Gomar akan terus dievaluasi terutama soal keluhan kemacetan yang timbul akibat antrian di depan loket. Disperindag kata dia akan berupaya mencari solusi agar hal ini bisa secepatnya teratasi.

Namun ia berharap kepada seluruh warga Mimika untuk mendukung program pemerintah ini agar tujuan pembangunan yang sudah dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Mimika bisa terwujud yakni terwujudnya Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera.

Penerapan portal otomatis ini menurutnya merupakan salah satu implementasi Mimika Smart City menuju Era Industri 4.0. “Mohon dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat Mimika yang mengunjungi Pasar Sentral, kontribusi kita bersama untuk membangun Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Portal otomatis disediakan di pintu masuk dan pintu keluar. Pada pintu masuk setiap pengendera mengambil karcis dengan cara menekan tombol baru plang terbuka. Ada tiga jalur yang disediakan. Satu untuk mobil dan dua untuk kendaraan roda dua. Sementara di pintu keluar menjadi tempat pembayaran. Karcis yang diambil pada pintu masuk wajib diserahkan kembali untuk discan pada komputer oleh petugas. Jadi karcis yang sudah diambil tidak boleh hilang.

Adapun tarif retribusi parkir di Pasar Sentral, untuk kendaraan roda dua Rp 1.000. Kendaraan roda empat 2.000 dan roda enam Rp 3.000. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *