oleh

KKJB Melalui PC Pasundan Serahkan Santunan ke Korban Banjir di Sumedang

TIMIKA – Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB) secara resmi menyalurkan bantuan masyarakat berupa dana bagi korban longsor di Sumedang Jawa Barat dan banjir bandang di Kalimantan Selatan. Penyerahan bantuan sendiri dilakukan pada Sabtu (30/1) di Sumedang Jawa Barat melalui Pengurus Cabang Pasundan Kabupaten Mimika.

Menurut Wakil Ketua Pengurus Cabang Pasundan Kabupaten Mimika Asep Syaifuddin, Minggu (31/1), aksi empati dan sosial warga terhadap korban banjir dan longsor di Jatinangor dan Cimanggung, Kabupaten Sumedang Jawa Barat, tidak hanya berasal dari pulau Jawa. Masyarakat di Mimika bahkan turut mendonasikan sebagian hartanya bagi korban bencana.

Dari sekitar Rp 120 Juta dana yang terkumpul dalam penggalangan dana di Timika, sebagian besar dana diserahkan sebagai dana santunan khususnya untuk korban meninggal dunia akibat longsor. KKJB Mimika melalui PC Pasundan Mimika menyerahkan bantuan itu kepada korban longsor Desa Cihanjuang dan Desa Sawahdadap.

“Dana itu dibagi ke korban longsor Sumedang dan banjir bandang di Kalimantan Selatan. Untuk yang di Jawa Barat sendiri kami serahkan kepada kepala desa disertai penandatanganan berita acara,” ujarnya.

Santunan kepada korban meninggal dunia masing-masing mendapat Rp 500 ribu dari total 40 korban meninggal dunia di Cihanjuang. “Sisanya kita belikan sembako di salah satu Grosir di Sumedang untuk  dibagikan ke korban luka dan korban banjir di Desa Mekargalih dan Desa Sukadana serta Sawahdadap,” sebut Asep.

Ketua Paguyuban Pasundan Cabang Sumedang, Asep Kurnia sangat mengapresiasi bantuan yang datang dari Paguyuban Pasundan di Papua dan juga KKJB. “Saya sangat salut dengan empati yang ditunjukkan warga Jawa di Papua terhadap kami yang ada di Sumedang,” singkatnya.

Kepala Desa Cihanjuang, Yuyus Yusuf menambahkan, pihaknya mengapresiasi semangat dan solidaritas KKJB Mimika. Hal itu dinilainya patut dijadikan contoh. “Meskipun jauh mereka bisa datang ke sini. Dan meskipun nilainya tidak seberapa, tapi bisa meringankan beban keluarga korban longsor,” tutupnya.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *