oleh

Total 670 Warga Banti yang Kembali ke Kampung

TIMIKA – Pemulangan warga kembali ke kampungnya baik ke Banti dan Opitawak sudah terlaksana. Total 670 warga yang dipulangkan dari ribuan warga yang terdaftar. Hal itu diungkapkan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Yulianus Sasarari ketika dihubungi Radar Timika, Selasa (2/2) kemarin.

Sasarari mengungkapkan jika merujuk pada hasil pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat maka Pemda Mimika menganggap semua warga sudah dipulangkan. Sebab data pemeriksaan kesehatan ini juga kata dia dijadikan dasar karena masyarakat yang datang sendiri mendaftar untuk dipulangkan.

Sehingga kata dia berdasarkan data itu maka semua warga sudah dipulangkan baik dari Banti 1, Banti 2 dan Opitawak. “Jadi kita pulangkan yang memang ikut pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat trus bisa pulang ke kampung,” katanya.

Adapun warga yang masih di Timika kata Sasarari itu karena memang dari hasil pemeriksaan kesehatan ada yang sakit, sehingga harus tetap di Timika. Selebihnya memang karena ada yang masih ingin menetap di Timika dan belum ingin kembali ke kampung.

Sasarari menambahkan, proses pemulangan warga ini bisa terlaksana karena didukung semua pihak baik Pemda Mimika melalui tim yang sudah dibentuk dan dikawal langsung dari TNI dan Polri yang aktif setiap hari membantu proses pemulangan. PT Freeport Indonesia juga kata dia sangat membantu untuk pemulangan warga karena menyediakan fasilitas bus untuk mobilisasi warga sampai di kampung. (sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *