oleh

Polres Berdayakan Pam Swakarsa untuk Antisipasi Tindak Kriminal

TIMIKA – Untuk mencegah dan menekan tindak kriminal di tengah-tengah masyarakat, maka Polres Mimika mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama ikut menjaga kamtibmas di Kabupaten Mimika dengan memberdayakan sistem Pam Swakarsa di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Di Tahun 2021 ini, ada hal-hal khusus ke depan yang kita laksanakan, terkait dengan operasional Polres Mimika. Dimana sesuai dengan kebijakan bapak Kapolri yang baru, dimana kita harus lebih mengedepankan pemberdayaan Pam Swakarsa di masyarakat,” kata Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK saat menggelar press release, Rabu (3/2) kemarin di kantor Polres Mimika, Mile 32.

Kapolres mengatakan, terkait dengan Pam Swakarsa, selama ini telah berjalan cukup baik di tengah-tengah masyarakat. Akan tetapi ke depan pihaknya aman lebih meningkatkannya lagi.

“Jadi nanti kita akan atur lagi supaya misi presisi, responbility, dan transparasi berkeadilan bisa terlaksana,” ujarnya.

Sehingga kata AKBP Era bahwa dalam waktu beberapa hari ke depan ini, pihaknya akan membangun dan menggiatkan kembali pos-pos kamling yang sudah ada di Kabupaten Mimika serta meningkatkan lagi pelayaran respon terkait informasi dari masyarakat mengenai tindak kriminal.

“Dengan adanya beberapa pos yang yang ada di Kabupaten Mimika, tentunya menjadi mata dan telinga polisi untuk memprediksi dan mendeteksi segala bentuk informasi secara cepat,” sambung Kapolres.

Selain itu juga menurutnya untuk merespon cepat informasi dari masyarakat, maka nantinya akan di bentuk tim respon cepat Polres Mimika guna menangani informasi terkait tindak kriminal di tengah-tengah masyarakat.

“Kita mulai mengecek pos-pos ronda atau pos kamling, yang ingin kita ajak untuk sama-sama jaga kamtibmas. Jadi apabila masyarakat yang sudah punya pos, bisa hubungi pak Kasat Binmas atau Kapolsek masing-masing sehingga nanti pada waktu tertentu akan kita resmikan bersama-sama. Lalu bia ada masyarakat yang ingin bentuk pos ronda di wilayah masing-masing, bisa koordinasi dengan kita,” papar AKBP Era. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *