oleh

Pantau Kamtibmas di Pomako, Wakapolres Sambangi Pos Ronda

TIMIKA – Untuk memantau secara langsung situasi kamtibmas di wilayah Pomako, Wakapolres Mimika, Kompol I Nyoman Punia, SSos, Sabtu (6/2) malam menyambangi pos ronda Nusantara ILS di Kampung Pomako.

Kedatangan Wakapolres Mimika di pos ronda itu didampingi oleh Kapolsek Kawasan Pelabuhan Pomako, Ipda I Made Aribawa, Bhabinkamtibmas, Brigadir Yudik, Babinsa Koptu Usman, Ketua, RT 11 Kampung Pomako, Andi Rusli, dan Sekretaris RT 11 Kampung Pomako, H Syahrir.

Dalam kegiatan sambang itu, Wakapolres melakukan dialog dengan petugas pos ronda, Wakapolres juga berharap agar masyarakat bisa menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

“Jumlah anggota kami yang terbatas, sehinga memohon bantuan kepada masyarakat untuk mengamankan wilayah masing-masing,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga Kompol Punia mengungkapkan, apabila ada terjadi tindak pidana di lingkungan tempat tinggal masing-masing, maka petugas ronda punya kewajiban untuk mengamankan dan menyerahkan kepada pihak yang berwajib.

“Ada ketentuan dan kewajiban yang harus dilaksanakan, oleh warga yang melaksanakan pos jaga. Apabila ada yang melakukan tindak pidana silahkan untuk di amankan, tidak boleh ada yang main hakim sendiri dan segera menghubungi pihak berwajib untuk segera mendatangi TKP,” kata Wakapolres.

Dalam kegiatan sambang di pos ronda Nusantara ILS di Kampung Pomako, Kompol Punia juga mengingatkan kepada masyarakat di Kampung Pomako agar tetap menjaga protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran Covid-19.

“Situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia saat ini sesuai instruksi Presiden dan Kapolri tidak dibenarkan mengumpulkan masyarakat, dan ikuti protokol kesehatan untuk tetap menggunakan masker, selalu menjaga jarak dan mencuci tangan. Saya minta tolong kepada Ketua RT 11, bisa menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak berkumpul dan mematuhi protokol kesehatan,” urainya.

Wakapolres dalam kegiatan sambang itu juga mengatakan bahwa pihaknya nanti akan membagikan rompi, yang nantinya akan digunakan oleh petugas pos ronda saat melaksanakan tugas ronda malam.

“Kami akan kirim rompi bantuan dari bapak Kapolres untuk yang jaga pos ronda agar pakai rompi dan untuk anggota Polisi yang piket wajib mengunjungi atau menyambangi pos ronda untuk menanyakan situasi dan bertatap muka dengan masyarakat jaga pos ronda.

Diakhir kegiatan sambang itu, Wakapolres menyerahkan bantuan berupa gula dan kopi kepada pengurus pos ronda, untuk dapat digunakan oleh para petugas pos ronda saat melaksanakan tugas ronda malam. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *