oleh

Pengkab ABTI Mimika Punya Tanggung Jawab Besar di PON XX

TIMIKA – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Assosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) periode 2019-2023 Mimika punya tanggung jawab dan peran yang besar pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Dimana, pengurus Pengkab ABTI harus mampu membawa atlet berprestasi untuk Cabang Olahraga (Cabor) Bola Tangan yang juga akan dipertandingkan pada PON XX di Kabupaten Mimika.

Harapan agar para pengurus Pengkab ABTI Mimika dapat memberikan yang terbaik untuk sukses prestasi para atlet Cabor bola tangan diungkapkan oleh Sekretaris Umum KONI, Cesar Avianto Tunya dalam kesempatan pelantikan dan pengukuhan Pengkab ABTI Periode 2019-2023, Senin (8/2) di Hotel dan Resto 66 Cenderawasih.

“Pada PON, semua perhatian soal Cabor bola tangan ini akan terpusat di Mimika. Kita harus maksimalkan hal ini, berkolaborasi dengan Pengprov untuk mencapai target ini,” ujarnya.

Lanjut Cesar, untuk peningkatan prestasi, ABTI Mimika juga bisa menambah atlet. Para pengurus Cabor sebutnya perlu ada tambahan, tenaga, waktu dan anggaran untuk mewujdukan mimpi prestasi atlit bola tangan ni. Satu yang perlu diketahui oleh para pengurus olahraga jenis apapun yakni, Cabor bukan organisasi profit dan bukan cari keuntungan di situ.

Lanjutnya, di KONI juga ada keterbatasan sehingga apa yang pengurus Cabor berikan ini dipastikan yang terbaik untuk daerah. Pengurus Cabor dituntut untuk memberikan prestasi bagi ibu Pertiwi.

Ditambahkan Cesar, Cabor bola tangan ini sudah ke dua kali akan mengikuti PON. Kenapa Cabor ini kurang populer sebutnya merupakan tanggung jawab pengurus untuk kembangkan Cabor ini.

“Tantangannya adalah bagaimana Cabor bola tangan ini bisa terkenal dan sukses,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Sekretaris Umum ABTI Provinsi Papua, Pdt Joice Singal mengatakan tugas Kabupaten Mimika sangat berat, sehingga perlu ada campur tangan dari berbagai pihak sehingga bisa mendukung pelaksanaan event Bola Tangan di PON nantinya.

Kedepan, harus bisa menyiapkan salah satu keunggulan di Kabupaten Mimika, minimal kita harus bisa menjemput bola, bukan saja sukses ini diraih oleh Timika, namun Papua. Pengurus yang sudah dilantik perlu menjalin hubungan kerja dengan baik sehingga bisa meraih apa yang diharapkan.

Ketua Pengkab ABTI Mimika, Albert Lius Doom mengatakan setelah pelantikan, pihaknya akan membentuk panitia pelaksana kegiatan PON dan selanjutnya dalam program kerja akan difokuskan pada pembinaan atlet.

“Kita akan mencari bibit-bibit unggul di Kabupaten Mimika ini dengan membentuk satu klub andalan yang nanti kita persiapkan untuk mencari lawan tanding di daerah-daerah yang sudah ada cabang olahraga ini,” jelasnya.(ami)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *