oleh

Dinas PUPR Kelola DAK Rp 34,6 Miliar

TIMIKA – Tidak hanya mengandalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga gencar melakukan lobi ke pemerintah pusat agar dialokasikan anggaran untuk pembangunan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang salah satu OPD yang setiap tahun berhasil melobi pemerintah pusat sehingga bisa mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK). Tahun ini Dinas PUPR mendapatkan DAK sebesar Rp 34.609.225.940.

Sekretaris Dinas PUPR, Inosensius Yoga Pribadi yang ditemui Radar Timika di ruang ,kerjanya Selasa (9/2) kemarin mengatakan, anggaran DAK itu untuk membiayai kegiatan di dua bidang. Bidang Marga ada 6 paket kegiatan dengan total anggaran Rp 29.910.823.940. Kemudian Bidang Cipta Karya Rp 4.698.402.000 untuk empat paket kegiatan.

Anggaran tersebut ditegaskan Yoga sudah termasuk jasa konsultan. Adapun jenis kegiatan yang akan dibiayai dengan DAK yakni lanjutan pemasangan jaringan distribusi air bersih di wilayah perkotaan yang ditangani Bidang Cipta Karya.

Sementara pada Bidang Bina Marga akan digunakan untuk melanjutkan peningkatan beberapa ruas jalan seperti Jalan Pinang SP 2 – Kwamki. Penggantian Jembatan Hasanuddin – SP 2. Peningkatan Jalan SP 2 – SP 5 dan peningkatan Jalan Sagu.

Sesuai instruksi dari Bupati dan Wabup maka Dinas PUPR sudah mempersiapkan proses pelelangan bukan hanya kegiatan DAK tapi juga kegiatan diluar DAK. Pokja pelelangan sudah diusulkan ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa sehingga tinggal menunggu SK penetapan dari Bupati.

Dinas PUPR mengusulkan 16 pokja pelelangan. 7 pokja pada Bidang Bina Marga, 8 Pokja pada Bidang Cipta Karya dan satu Pokja pada Bidang Pengarian. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *