oleh

Ring Road Mile 32 – Pomako Sudah Diaspal Sepanjang 5 Km

TIMIKA – Pembangunan jalan lingkar luar atau ring road dari Mile 32 sampai ke Pomako tidak hanya sebatas wacana. Pembangunan sudah dijalankan mulai Tahun Anggaran 2020 lalu. Pada tahap pertama, sepanjang 5 kilometer jalan sudah diaspal.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Mimika, Robert Mayaut yang ditemui Radar Timika di Mile 32 pada Selasa (9/2) lalu mengatakan, tahap pertama baru bisa mencapai 5 kilometer karena ada beberapa kendala, salah satunya jaringan listrik milik PT Freeport Indonesia.

Pembangunan jalan lingkar luar memang mengikuti bekas jalan operasional PTFI, namun masih terdapat beberapa fasilitas seperti tiang listrik, termasuk gardu listrik di depan Bandara Mozes Kilangin atau kawasan pagar kuning.

Pembangunan jalan lingkar luar dari Mile 32 pada Tahun Anggaran 2020 lalu menggunakan anggaran sebesar Rp 90.325.000.000 dengan kontraktor pelaksana PT Karya Mandiri Permai. Jalan dibangun dengan dua jalur yang cukup lebar. Hanya saja belum dilengkapi fasilitas lain seperti median jalan. Bahkan belum dilengkapi saluran air atau talud di sisi kiri-kanan jalan.

Adanya akses baru ini nampaknya akan semakin memudahkan masyarakat. Pasalnya jarak tempuh dari Bandara Mozes Kilangin ke arah Mile 32 dan sekitarnya akan semakin cepat. Jalan sepanjang 5 kilometer yang sudah diaspal bahkan sudah hampir mendekati Check Poin 28 atau Bandara Mozes Kilangin. Namun belum dilanjutkan karena adanya tiang listrik. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *