oleh

Dinas PUPR Diminta Relokasi Pembangunan Jalan Sesuai Keputusan APBD 2021

TIMIKA – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika diminta untuk melaksanakan perencanaan pembangunan sesuai dengan kesepakatan dalam pembahasan program APBD Induk tahun 2021. Dimana juga telah melewati tahap evaluasi di Pemerintah Provinsi Papua.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme, Kamis (11/2). Dikatakan Aleks, Dinas PUPR Mimika harus melaksanakan perencanaan pembangunan jalan ke tempat yang lebih tepat sasaran sesuai hasil keputusan bersama pembahasan APBD Induk 2021.  Dinas PUPR diharapkan tidak memindahkan proyek pembangunan jalan yang tidak ada dalam pembahasan APBD 2021.

“Kami harap Dinas PUPR itu dalam pemindahan lokasi proyek pembangunan berdasarkan urgensi kebutuhan dan manfaatnya bagi masyarakat yang lebih banyak, harus tetap melakukan proyek pembangunan jalan sesuai hasil pembahasan APBD 2021,” jelasnya.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan seperti pada pembangunan jalan di Jalan Hassanudin ujung yang belum terlalu perlu karena penduduk masih sedikit ini perlu dipindahkan ke lokasi yang lebih ramai penduduk agar manfaat jalan itu lebih terasa bagi warga.

Apalagi sampai saat ini daerah dalam kondisi keuangan yang mengalami defisit maka hal prioritas perlu dijadikan acuan utama, sesuai instruksi Pemprov Papua. Kepala dinas teknis terkait juga dimintanya memberi telaahan yang baik dan benar kepada Kepala Daerah Bupati Mimika, agar eksekusi pembangunan yang dilakukan pemerintah lebih menyentuh kebutuhan masyarakat.

Aleks menambahkan, tidak ada maksud untuk kepentingan pribadi ia menegaskan arahannya itu, selain untuk kepentingan rakyat banyak.

Menurutnya, sejumlah OPD di lingkup Pemkab Mimika yang programnya disepakati untuk dilakukan relokasi, telah mentaati kesepakatan bersama dalam rapat pembahasan APBD 2021 di Bekasi Jawa Barat beberapa waktu lalu. Tinggal Dinas PUPR saja yang tidak mengindahkan hasil pembahasan itu.

Aleks mengatakan akan terus memperjuangkan urgensi kepentingan rakyat itu bahkan sampai pada pembahasan APBD Perubahan 2021 yang sesuai instruksi Pemerintah Provinsi Papua akan dimajukan dibahas pada Bulan Mei. Hal ini berkaitan dengan persiapan Pekan Olahraga Nasional PON XX Papua, di mana Kabupaten Mimika termasuk dalam bagian tuan rumah inti digelarnya beberapa Cabor pertandingan PON itu.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *