oleh

Kapolsek Miru Apresiasi Aktifnya Poskamling Dapat Turunkan Niat Kejahatan

TIMIKA – Kapolsek Mimika Baru, Kompol Sarraju, mengapresiasi aktifnya Poskamling yang ada di wilayah hukum Polsek Miru. Ia mengatakan, Poskamling perlu diisi oleh warga karena membantu keamanan lingkungan warga itu sendiri.

Kompol Sarraju, Senin (15/2) mengatakan secara keseluruhan, kepolisian mencatat telah ada sekitar 49 Poskamling di Timika dan tersebar dari wilayah kota maupun satuan pemukiman (SP).

Ia menjelaskan, dari sejumlah Poskamling itu, khususnya di wilayah perkotaan, telah banyak yang diaktifkan bahkan dengan fasilitas yang dinilai cukup mumpuni. Pihaknya mendorong agar warga terlibat aktif di Poskamling dan melaksanakan ronda jika menginginkan keamanan lingkungannya.

“Mengamankan lingkungan itu juga butuh partisipasi masyarakat. Masyarakat harus mau memberikan ruang waktu untuk mau bersama-sama dengan warga yang lain, untuk ikut berpartisipasi dalam Poskamling. Tujuannya kan supaya lingkungannya aman,” ungkapnya.

“Kita dari kepolisian men-support dengan memberikan dukungan besar. Bahkan di Nawaripi yang pos induk itu kita support juga, dengan material yang dibutuhkan untuk pembangunan. Di beberapa tempat lain juga begitu,” kata Kompol Sarraju.

Sampai kini, ia menyatakan pula telah beberapa kali Poskamling membantu kepolisian, dalam hal mengamankan orang yang diduga melakukan kejahatan.

Para Bhabinkamtibmas dengan adanya Poskamling juga disebutnya, bersama masyarakat memikirkan pengaktifan Poskamling dengan melibatkan ketua-ketua rukun tetangga.

“Antusiasmenya selama ini bagus. Mereka juga bercerita ada perbedaan antara sebelum ada Poskamling dan sesudah ada Poskamling. Hal-hal yang biasanya mengganggu jadi berkurang jauh karena ada Poskamling,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *