oleh

Usai Prakerin, Siswa-siswi SMK Filadelfia hadapi Ujian Makalah

TIMIKA – Usai melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin), siswa-siswi kelas XII SMK Filadelfia kembali menghadapi ujian makalah. Ujian ini dilaksanakan guna melihat pertanggung jawaban secara ilmiah hasil yang mereka dapatkan pada kegiatan Prakerin selama kurang lebih dua bulan di dunia industri dan dunia kerja.

Kepala SMK Filadelfia, Jusuf Aners Felubun kepada Radar Timika, Sabtu (20/2) mengatakan selama kurang lebih dua bulan, siswa-siswi mengikuti Prakerin di tiga lokasi yakni Hotel Horison Ultima Timika, Hotel Horison Diana dan Hotel Grand Mozza.

Tujuan diadakannya ujian makalah ini sendiri sebut Jusuf, adalah sebagai bentuk pertanggung jawaban semua kegiatan yang diikuti selama Prakerin di dunia industri dan dunia usaha.

“Jadi sesuai dengan passion mereka, setelah mereka dua bulan di sana, mereka bisa menemukan passion mereka, ada yang di kuliner, pastry dan restoran service untuk mempertanggung jawabkan secara ilmiah maka mereka harus membuatnya dalam bentuk makalah,” jelas Jusuf.

Lanjutnya setelah makalah rampung, mareka masih harus mempresentasikanya di hadapan para penguji mulai dari kegiatan, deskripsi setiap makalah. Prosesnya kata Jusuf, siswa menentukan judul makalah sesuai lokasi Prakerin. Mulai dari cara membuat olahan makanan seperti pizza yang biasa dibuat di hotel, siswa akan menjelaskan mulai dari cara membuat, persiapan bahan sampai pada penyajian.

“Jadi mereka harus mempertanggung jawabkan itu, karena setiap penguji sudah punya pengetahun yang cukup mumpuni terhadap produk yang mereka lakukan dalam bentuk presentasi,” sebutnya.

Ditambahkan Jusuf, direncanakan pada akhir bulan ini siswa-siswi akan mengikuti ujian praktek. Apa yang dipresentasikan dalam makalah ini, kemudian akan dilakukan secara praktek.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *