oleh

Disdik Upayakan Rehab SD Aikawapuka

TIMIKA – Dinas Pendidikan kembali menjadi sorotan terkait layanan di wilayah pesisir. Salah satunya di SD Aikawapuka, Distrik Mimika Tengah di mana gedung sekolanya, mengalami kerusakan cukup berat dan membutuhkan penanganan.

Pj Sekda Mimika, Jeni Usmany, SPd MPd yang juga Kepala Dinas Pendidikan Mimika mengatakan, gedung SD Aikawapuka memang sudah sewajarnya direhab atau bahkan dibangun karena sudah berdiri sejak lama. Disdik kata dia, akan berupaya untuk mengambil langkah penanganan.

Bangunan kata Jeni, memang sangat erat kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Namun ia menekankan bahwa unsur yang sangat penting dalam KBM adalah guru dan murid. Ini sesuai dengan pengembangan model pembelajaran yang dikembangkan saat ini.

“Dengan APBD kita yang digunakan untuk memenuhi banyak kebutuhan pembangunan, maka kami dinas teknis merancang proses dimana harus ada guru dan murid. Bukan berarti bangunan tidak penting tetapi proses yang kami utamakan,” jelasnya.

Makanya saat ini Disdik lebih mengutamakan, memastikan keberadaan guru di kampung sehingga murid bisa belajar. Bahkan Disdik juga menyediakan bahan makanan bagi pelajar di wilayah pesisir untuk menyediakan sarapan.

Jadi menurutnya, proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan model apapun tanpa harus di sekolah. Seperti sekarang ini di masa pandemik Covid-19, KBM di wilayah kota tidak dilaksanakan di sekolah tapi secara daring memanfaatkan teknologi.

“Jadi KBM bisa dilakukan di mana saja. Di bawah pohon, di pantai bahkan dimana saja selama ada guru dan murid,” tandasnya. (sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *