oleh

Iwaka Hingga SP 6 Kembali Dilanda Banjir

TIMIKA – Wilayah Distrik Iwaka kembali dilanda banjir. Kali ini meluas sampai ke Kampung Naena Muktipura (SP 6) yang mengakibatkan akses ke kampung tersebut cukup sulit akibat genangan air di jalan yang mencapai ketinggian 1 meter.

Deny salah seorang warga Kampung Naena Muktipura yang dihubungi Radar Timika mengatakan lokasi yang cukup parah berada di Jalan Logpon tepatnya di sekitar bekas kandang sapi. Begitu juga di depan SMP Negeri Naena Muktipura dimana ketinggian air mencapai 1 meter sehingga kendaraan sulit melintas.

Pada pagi hari kata dia, air tidak terlalu tinggi tapi setelah hujan deras air semakin tinggi dan melumpuhkan akses. Terpaksa warga yang akan kembali ke rumah harus menggunakan rakit untuk mengangkut kendaraan.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM yang ditemui Senin (1/3) kemarin mengaku belum mendapat laporan terkait banjir yang kembali melanda Distrik Iwaka. “Saya belum dapat laporan dari kepala distrik, tapi nanti saya akan turun lapangan,” ujarnya.

Kajian sudah dilakukan untuk mencari tahu penyebab banjir yang dalam tiga tahun terakhir selalu menghampiri Distrik Iwaka. Wabup mengungkapkan salah satu penyebabnya adalah pendangkalan kali sehingga ketika debit tinggi, air meluap sampai ke wilayah perkampungan.

Penyebab pendangkalan ini juga sedang dicari tahu apakah karena keberadaan perkebunan kelapa sawit atau faktor lain. Salah satu solusinya adalah membangun drainase di wilayah perkampungan dan melakukan normalisasi sungai agar ketika curah hujan tinggi tidak meluap.(sun)

Polsek Kuala Kencana Tempatkan Kendaraan Bantu Warga Menyeberang

SEMENTARA itu, Kapolsek Kuala Kencana, Iptu Sera Ayatanoi, melalui rilis Senin siang (1/3) mengatakan, genangan air di jalan poros tersebut tercatat setinggi kurang lebih satu meter. Hal itu membuat sejumlah warga tidak bisa melintas baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat ukuran kecil.

Ia menyatakan, pihaknya telah menuju TKP dan ikut serta membantu warga yang hendak melintas di daerah itu. “Benar. Di jalan poros SP enam ke Logpon itu terjadi banjir sekitar satu meter,” katanya singkat.

Pihaknya kemudian berinisiatif membantu warga yang hendak melintas. “Kami sudah menempatkan personel di tempat tersebut, juga menempatkan kendaraan patroli Polsek Kuken untuk membantu warga menyeberang,” ungkapnya.

Iptu Sera Ayatanoi berharap, genangan air di wilayah tersebut dapat cepat surut. Sehingga warga dapat melintas kembali dengan normal.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *