oleh

Legislatif Berkomitmen terus Sosialisasikan Perda kepada Masyarakat

TIMIKA – Peraturan Daerah (Perda) yang dibuat oleh Pemda Mimika belum sepenuhnya dilaksanakan dengan maksimal. Masyarakat pun masih banyak yang tidak mengetahui akan adanya sejumlah Perda yang mengikat untuk kepentingan daerah ini. Terutama Perda yang berkaitan dengan sisi ekonomi masih banyak yang belum dipahami oleh masyarakat.

Melihat fenomena ini, Komisi B DPRD berkomitmen akan terus melakukan sosialisasi sejumlah Perda yang berkaitan dengan bidang ekonomi kepada masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi B DPRD, Rizal Patadan, Senin (1/3). Menurutnya sejumlah Perda yang dibuat dengan anggaran yang tidak sedikit ini harus dijalankan.

“Pembuatan Perda ini kan sudah memakan anggaran, untuk apa kita buat kalau tidak dilaksanakan,” ujarnya.

Lanjutnya, sudah menjadi tugas legislatif juga untuk mensosialisasikan sejumlah Perda yang telah dibuat oleh pemerintah kepada masyarakat agar ada pemahaman sehingga dalam pelaksanaanya juga bisa maksimal dan memberikan kontribusi bagi daerah ini.

“Tupoksi kita untuk sosialisasi Perda kepada masyarakat juga sehingga tidak menjadi Perda yang tertidur. Perda itu dibuat untuk dilaksanakan secara maksimal,” ungkapnya.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan salah satu Perda yang masih sering menjadi pertanyaan di tengah masyarakat apakah sudah dijalankan atau belum seperti Perda Miras. Mengenai Perda ini, apakah sudah dijalankan atau tidak, jika memang tidak dijalankan lagi dan sudah efektif, maka lebih baik dicabut saja.

Pada penegakan Perda lanjutnya wajib dilakukan sebab keuangan daerah ini mengalami kesulitan. Dengan mengalami defisit anggaran di tengah situasi yang sulit, maka baik legislatif maupun eksekutif harus saling bahu membahu seperti salah satunya pelaksanaan Perda yang kontribusinya bagi daerah ini.

“Kita semua ini harus bahu membahu supaya pembangunan bisa jalan, terutama soal kinerja, legislatif dan eksekutif saling bahu membahu, harus ada sinergitas untuk penegakan Perda yang ada,” pungkasnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *