oleh

Plt Kadisperindag punya PR Lanjutkan Pembenahan Pasar Sentral

TIMIKA – Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) mempunyai Pekerjaan Rumah (PR) yang besar yang masih harus dikerjakan setelah Minchael R Gomar dilantik menjadi Sekda Mimika. Salah satu PR yang harus menjadi perhatian di tubuh Disperindag adalah kelanjutan pembenahan Pasar Sentral sebagai urat nadi perekonomian di Kota Timika.

Politisi Perindo, Leonardus Kocu kepada Radar Timika, Rabu (3/3) mengatakan Pasar Sentral yang merupakan pasar utama penyangga pasar-pasar di Timika ini perlu mendapat perhatian serius oleh dinas teknis.

Dengan ditatanya Pasar Sentral oleh mantan Kadisperindag, sudah cukup baik. Walaupun kini ada sejumlah pedagang yang memililih keluar pasar seperti para pedagang buah yang lebih memilih berdagang di pinggiran jalan, namun apa yang sudah dilakukan sebelumnya oleh mantan Kadisperindag ini perlu diapresiasi.

“Penataan Pasar Sentral ini sudah berjalan baik, namun dengan adanya keluhan dari para pedagang yang menyatakan jika mereka tidak ada tempat lagi di pasar dan dalam pengelolaanya belum memberikan manfaat yang baik kepada mereka, saya pikir ini perlu diperhatikan ke depan,” jelasnya.

Ketua Fraksi Mimika Bangkit DPRD ini mengatakan dengan melakukan beberapa pembenahan Pasar Sentral, hal ini juga tidak cukup dinilai saat ini saja. Perlu banyak waktu kedepan dan konsisten sehingga pusat ekonomi masyarakat ini bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

Dikatakan Kocu, Plt Kadisperindag saat juga perlu memperhatikan para pedagang yang kini masih berjualan di sejumlah lokasi seperti di eks Pasar Swadaya dan di Pasar Gorong-Gorong. Agar masyarakat sebagai pedagang bisa nyaman dan aman dalam aktivitasnya, maka pemerintah dalam hal ini harus memfasilitasi mereka dengan baik.

“Jika semua aktivitas perdagangan di Pasar Sentral, maka berikan ruang yang baik bagi mereka, tempat yang baik agar aktivitas ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan baik juga, kita melarang tapi harus ada solusi,” pungkasnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *