oleh

Masyarakat harus Waspada Aksi Kriminalitas

TIMIKA – Masih maraknya aksi kriminalitas yang terjadi di tengah masyarakat membuat tingkat kewaspadaan harus semakin ditingkatkan. Dengan meningkatkan kewaspadaan terutama di lingkungan tempat tinggal, diharapkan dapat meminimalisir tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Politisi PKB, Amandus Gwijangge, Jumat (5/3) di ruang kerjanya mengatakan aksi kriminalitas dapat terjadi apabila ada kesempatan. Untuk itulah, masyarakat diharapkan menutup kesempatan akan terjadinya aksi kriminalitas dengan meningkatkan kewaspadaan, menjaga barang-barang milik pribadi dengan baik serta tidak melakukan kegiatan yang kurang penting di luar rumah.

“Aksi kejahatan itu bisa terjadi jika ada kesempatan, maka saya harapkan masyarakat bisa lebih waspada lagi,” ujarnya.

Selain tingkat kewaspadaan masyarakat yang harus lebih tinggi lagi, upaya dari aparat kepolisian yang menangkap pelaku tindak kriminalitas juga patut untuk ditingkatkan lagi. Walaupun kepolisian sudah berupaya untuk terus melakukan pengamanan, namun aksi kriminalitas memang tidak bisa dibendung karena Timika merupakan kota yang berkembang.

Anggota Komisi C DPRD ini juga berharap para pelaku tindak kriminalitas yang sudah ditangkap agar diberikan hukuman yang setimpal, agar di kemudian hari tidak kembali melaksanakan aksinya.

Ditambahkannya, salah satu tindak kriminalitas yang menjadi perhatian adalah pencurian kendaraan bermotor. Aksi pencurian kendaraan bermotor yang kerap dilaksanakan dengan lebih dari satu pelaku atau sindikat ini sebutnya harus menjadi atensi pihak keamanan. Dengan jumlah kendaraan bermotor yang semakin bertambah ini, Amandus berharap hal ini juga dibarengi dengan pengawasan pihak berwajib, khususnya di pintu keluar pelabuhan Pomako, sebab motor yang biasa digasak maling dibawa keluar daerah untuk diperjualbelikan lagi.

“Saya harap pengawasan bisa lebih diperketat untuk pelabuhan Pomako, agar motor curian ini tidak bisa dibawa keluar untuk dijual, petugas seperti KP3 laut, bisa diajak kerja sama dan mempertegas hal ini,” pungkasnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *