oleh

Dinkes Masih Menunggu Hasil Uji Lab Makanan Pesta Ultah

TIMIKA – Dinas Kesehatan Mimika juga ikut mencari tahu penyebab puluhan orang didominasi anak-anak, yang mengalami keracukan usai menghadiri pesta ulang tahun. Sampel makanan sudah diambil dan masih dalam proses pemeriksaan laboratorium di Jayapura.

Sekretaris Dinas Kesehatan Mimika, Marselino Mameyao yang ditemui di Rumkitban Timika, Senin (8/3) kemarin mengatakan, pemeriksaan masih dilakukan sehingga belum bisa disimpulkan penyebab terjadinya keracunan.

Adapun dugaan awal seperti yang disampaikan pihak Polres Mimika, yakni karena adanya kandungan formalin dalam makanan yang disajikan dikatakan Marselino belum bisa dipastikan. Dinkes Mimika juga sudah turun langsung ke rumah tempat pembuatan makanan.

Disebutkan, ada dua rumah yang menjadi tempat pengolahan makanan. Dari salah satunya, ditemukan bahwa saat mengolah makanan yakni telur rebus, sebelum disajikan sempat direndam menggunakan air sumur. Ini yang menurut Marselino, air juga bisa terindikasi terkontaminasi bakteri yang membuat makanan jadi beracun.

“Jadi belum disimpulkan semuanya baru dugaan sementara,” tandasnya.

Dinkes Mimika lanjutnya, melalui Puskesmas rutin setiap tiga bulan, melakukan pengawasan terhadap bahan makanan seperti daging sapi, daging ayam, ikan dan lainnya. Sampai saat ini ia menyatakan, belum ada temuan produk atau bahan makanan yang menggunakan formalin. Tapi dengan kejadian tersebut maka akan ditelusuri lebih dalam. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *