oleh

Fasilitas BLK Diminta Difungsikan

TIMIKA – Para tenaga kerja yang terampil dan profesional kerap masih didatangkan dari luar Timika. Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Timika belum diberdayakan secara maksimal oleh pemerintah. Salah satunya dikarenakan fasilitas penunjang untuk mengasah bakat dan keahlian SDM di Timika yakni Balai Latihan Kerja (BLK) belum juga difungsikan.

Melihat belum dimanfaatkan sama sekali fasilitas BLK ini oleh pemerintah membuat wakil rakyat merasa miris. Wakil Ketua I DPRD, Aleks Tsenawatme, Selasa (9/3) mengatakan sampai saat ini baik kegiatan proyek pembangunan maupun aktivitas perkantoran dan perusahaan, banyak yang menggunakan tenaga dari luar.

Padahal sebutnya di sini masih banyak pemuda-pemudi yang siap dikaryakan namun belum memiliki keterampilan sehingga tidak diberikan kesempatan di lapangan kerja. Untuk itulah, pemerintah diharapkan lebih pro kepada SDM lokal dengan dukungan pemberian pelatihan keterampilan agar bisa menjadi tuan di negerinya sendiri.

“BLK ini harus difungsikan untuk latih SDM anak-anak di sini, karena selama ini selalu gunakan tenaga dari luar,” ujarnya.

Jika masalah yang membuat sehingga BLK belum difungsikan karena persoalan pembayaran ganti rugi tanah sebutnya, hal ini sebenarnya tidak harus terjadi. Dalam proses pembangunan, pemerintah harus menganggarkan juga dana untuk pembayaran ganti rugi tanah agar bangunan yang sudah rampung tidak terbengkalai.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan pemerintah harus benar-benar melakukan pelatihan dan pemberdayaan kepada tenaga kerja lokal. Para pemuda-pemudi di Timika ini kata Aleks, harus diberikan kesempatan agar bisa melangkah maju seperti saudara-saudari yang datang dari luar Timika.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *