oleh

Ribuan Siswa SMA dan SMK Bersiap Hadapi Ujian Sekolah

TIMIKA – Sebanyak 3.057 siswa SMA dan SMK Kelas XII dari 24 SMK dan 19 SMA di Mimika, dijadwalkan mengikuti Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2020-2021 pada hari ini, Senin (15/3). Ujian Sekolah sebagai pengganti Ujian Nasional ini akan digelar secara serentak di Kabupaten Mimika selama sepekan ke depan.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Mimika, John Lemauk kepada Radar Timika, Minggu (14/3) mengatakan, jumlah siswa SMK yang akan mengikuti Ujian Sekolah sebanyak 1.614 dan SMK sebanyak 1.443.

Ujian Nasional yang sudah diganti menjadi Ujian Sekolah sesuai dengan instruksi dari Kementerian Pendidikan sebut John Lemauk, akan digelar tahun ini tetap dengan penerapan protokol kesehatan.

Dikatakannya, walaupun masih di masa pandemi, namun Ujian Sekolah tetap akan diadakan langsung di sekolah dengan sistim manual. Dengan adanya signal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, maka kegiatan ujian di sekolah secara langsung sudah bisa dilaksanakan.

“Ujian sekolah ini tetap diadakan di sekolah, kami atur dengan jarak tertentu, dengan pengawasan silang, karena hanya kelas XII jadi siswa terbatas jumlahnya,” jelas Lemauk.

Disebutkanya, selain digelar di sekolah, ada juga peserta ujian yang tetap mengikuti ujian dari rumah, sebab mereka masih berstatus mengikuti kegiatan Praktek Sistem Ganda (PSG) dan Prakerin.

Dengan sistim manual ini kata Lemauk, sekolah yang diberikan kewenangan untuk menentukan kelulusan siswa. Berbeda dibandingkan tahun sebelumnya yang mana ujian dilaksanakan dengan sistem online, tahun ini ujian diadakan secara manual sehingga diharapkan siswa tidak terlalu terbebani karena sudah setahun belajar dari rumah dengan sistim daring. (ami)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *