oleh

Yayasan Babuljannah Peringati Isra’ Mi’raj, Bersama Komunitas Dakwah Kampus Al Kahfi STIE Jambatan Bulan

TIMIKA – Demi kemanusiaan dan kebahagiaan karena berbagi, kegiatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 M dilaksanakan bersama di Panti Asuhan Yayasan Babuljannah Timika oleh Komunitas Dakwah Kampus Al Kahfi STIE Jambatan Bulan, Minggu (14/3) di Panti Asuhan Babuljannah Jalan Leo Mamiri.

Berthemakan “Dengan memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW kita tinggatkan ketaqwaan dalam rangka mencetak generasi yang berakhlaqul karimah”, Ustadz H M Damzir, SAg selaku Ketua Yayasan Babuljannah mengatakan kegiatan ini merupakan suatu hal yang baik.

“Kita selaku pengurus ada kerja sama yang baik dengan STIE Jambatan Bulan guna bersilaturahmi. Mereka baru pertama kali adakan kegiatan ini di sini, saya harapkan ke depan bisa diulang dan mengugah hati para dermawan serta masyarakat lain juga bisa ikut berpartisipasi,” jelasnya.

Disebutkan Ustadz Damzir, mengenai makna dari Isra Miraj ini sendiri yakni merupakan perjalanan semalam Nabi Muhammad SAW mendapat perintah dari Allah SWT untuk menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam.

Sebenarnya Isra’ dan Mi’raj merupakan dua peristiwa berbeda. Namun karena dua peristiwa ini terjadi pada waktu yang bersamaan maka disebutlah Isra Miraj.

Isra’ merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem. Sedangkan Mi’raj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam.

Ia berharap lewat moment Isra’ Mi’raj ini semua anak-anak bisa mengenal sejarah memperingati isra’ mi’raj ini agar dapat menyimak dengan baik, agar mereka jadi anak yang Sholeh dan sholehah dan mempunyai akhlak serta budi pekerti yang mulia seperti dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Senada dengan hal itu, Marfiati Yamco selaku Ketua Komunitas Dakwah Kampus Al Kahfi STIE Jambatan Bulan mengatakan dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj, komunitasnya melaksanakan kegiatan yang bisa sekaligus dirangkai dengan berbagi kepada anak yatim.

“Lewat peringatan Isra Miraj ini kami bisa membantu, melihat kondisi mereka juga seklaigus mengajarkan tentang iman dan taqwa,” jelasnya.

Lanjut Marfiati, komunitasnya ini baru satu tahun berdiri dan beberapa kegiatan sudah rutin digelar mulai dari pengajian setiap malam Jumat, sumbangan kepada orang tidak mampu, silaturahmi bersama dan diskusi keagamaan. (ami)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *