oleh

Kapolda Pastikan Kondisi Asmat Mulai Kondusif

TIMIKA – Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Asmat, Senin (15/3). Hal itu menyusul adanya keributan yang disebabkan dari pelantikan pasangan calon Bupati terpilih.

Kapolda Mathius D Fakhiri, Senin malam menyatakan, kehadiran pihaknya dilakukan untuk melihat bagaimana proses hukum yang sedang dilakukan oleh Polres Asmat. Pihaknya juga melakukan upaya membangun komunikasi antara dua paslon yang ikut dalam pelaksanaan pemilu. “Yang terakhir kunjungan itu sekaligus meninjau anggota Polres yang ada di Asmat supaya mereka tetap semangat bekerja,” katanya.

Ia menyatakan, ketertiban dan keamanan di Kabupaten Asmat itu sudah cukup kondusif. Pihaknya sudah menyampaikan kepada pemerintah setempat untuk membangun rekonsiliasi para kedua kubu yang sempat bertikai dengan berbagai macam pendekatan.

“Tentunya permasalahan hukum itu bisa diselesaikan dengan restorasi justice, tapi saya sudah minta untuk dalam penyelesaian ini juga bisa memberi edukasi ke masyarakat Asmat bahwa perbuatan-perbuatan melanggar hukum itu ada ancaman hukumannya yang bisa mereka hadapi,” katanya.

“Jadi saya harapkan masalah yang terjadi bisa diselesaikan dengan cepat sehingga roda pemerintahan pasca kemarin ada keributan bisa berjalan dengan baik,” sambung Kapolda Mathius.

Selain Asmat, katanya, sudah ada tiga kabupaten lain yang melaksanakan pelantikan bupati terpilih menyusul empat bupati lainnya. Dan ada tiga yang masih diproses di Mahkamah Konstitusi. Dari pertimbangan intelijen, ia memastikan ada beberapa titik yang rawan.

“Untuk itu, kami sudah sampaikan ke Kapolri agar dibantu dengan tiga SSK Brimob untuk melakukan antisipasi keamanan. Mudah-mudahan kejadian yang terjadi di Asmat kemarin tidak berulang,” jelasnya.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *