oleh

Pos Peka Induk Kampung Nawaripi Diresmikan Kapolda Papua

TIMIKA – Pos Peka Induk di Kampung Nawaripi, Distrik Wania akhirnya diresmikan. Pos Peka Induk tersebut disebut-sebut dibangun dalam waktu kurang lebih hanya satu bulan, dan akan menaungi sekitar empat Pos Peka lainnya di Kampung Nawaripi. Pos Peka Induk tersebut diresmikan langsung Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Senin (15/3) malam.

Sebelumnya Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun dalam sambutan menyatakan, awalnya, Pos Kamling didirikan pada 2019 lalu dan berefek pada menurunnya tingkat kriminalitas. Dengan adanya instruksi Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengenai pembangunan Pos Peka di setiap kampung, pihaknya antusias melaksanakan instruksi tersebut, bahkan menyebut mendapat bantuan dari Polres Mimika dan Polsek Mimika Baru.

“Pos Peka ini sendiri dibangun secara swadaya dan dibantu pak Kapolres dan Kapolsek Mimika Baru kala itu, juga turut serta para Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Kami harap warga bisa ikut terlibat dalam kegiatan ronda agar keamanan semakin terjamin di kampung ini,” ujarnya.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyampaikan, pembangunan Pos Peka nantinya dapat membantu pihak kepolisian dalam hal menangani sejumlah kasus yang membutuhkan kecepatan respon. Sebab, ia mengakui, ada keterbatasan personel dalam menjaga keamanan dan cepat merespon TKP.

Disebutnya, dengan adanya Pos Peka Induk Kampung Nawaripi, hingga kini ada 76 Pos Peka yang terbangun dalam waktu kurun satu bulan terakhir.

“Itu dibangun secara swasembada untuk membantu Polres Mimika. Dengan dibangunnya Pos Peka di setiap lorong di Timika, otomatis nantinya kita cepat mengetahui dan memahami persoalannya,” katanya.

“Ini juga menjawab tuntutan masyarakat untuk merespon permasalahan yang ada dengan cepat. Setiap malam para perwira kami tugaskan untuk keliling bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk menyambangi Pos Peka,” sambung Kapolres Era Adhinata.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri dalam sambutan sebelum peresmian menyampaikan, pihaknya percaya tugas Polri akan sangat ringan kedepannya kalau semua masyarakat kembali kepada habitatnya yakni mencintai keamanan dan lingkungan. Pembentukan Pos Peka dinilai akan memberikan dampak positif untuk peningkatan keamanan.

“Sekali lagi polisi ini tidak akan bisa apa-apa kalau tanpa ada bantuan masyarakat. Dan apa yang dilakukan di Mimika ini sangat luar biasa. Kalau setiap kampung bisa membentuk lima pos saja, akan jadi banyak dan dengan cepat polisi respon panggilan masyarakat,” tutupnya.

Dalam peresmian ini, selain digelar pengguntingan pita, peresmian juga dibarengi dengan pemberian tumpeng kepada perwakilan masyarakat setempat. Selain itu, diberikan pula perlengkapan jaga malam. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *