oleh

Tingkatkan Kapasitas, Anggota DPRD Ikuti Workshop

TIMIKA – Guna meningkatkan kapasitas sebagai wakil rakyat, para anggota dewan mengikuti kegiatan workshop. Kegiatan workshop pertama di Tahun 2021 ini dilakukan juga untuk memperkuat tugas, pokok dan fungsi mereka di kursi parlemen.

Ketua DPRD, Robby Kamaniel Omaleng, Selasa (16/3) mengatakan agenda workshop yang dilakukan di luar daerah ini telah disepakati oleh semua anggota dewan pada rapat Badan Musyawarah (Bamus) beberapa waktu lalu.

Workshop ini dilakukan setelah ada kesepakatan dan penentuan jadwal di Bamus, setelah mereka (para dewan) balik, baru akan laksanakan agenda berikutnya,” ujar Robby.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan kegiatan workshop ini dilakukan guna mendapatkan tambahan ilmu kepada semua anggota dewan. Ilmu yang didapat ini diharapkan bisa menambah motivasi dalam menjalankan tupoksi para dewan di tahun 2021 ini.

DPRD lanjut Robby, yang merupakan lembaga yang sangat strategis di Daerah bukan hanya karena DPRD bersama eksekutif merupakan pilar penting penyelenggaraan pemerintahan daerah, tetapi juga berperan sebagai check and balance terhadap pihak eksekutif.

Strategisnya lembaga tersebut, menuntut kapasitas kelembagaan yang setara dan kemampuan sumberdaya manusia (anggota DPR) yang memadai. Tanpa itu, sulit bagi DPRD, baik secara kelembagaan maupun secara personil, untuk melaksanakan fungsinyasecara optimal, baik fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *