oleh

Masyarakat Kamoro Diajak Pertahankan Hak Ulayat

TIMIKA – Masyarakat Kamoro di Kabupaten Mimika diharapkan dapat terus bersatu dan mempertahankan hak ulayat mereka untuk generasi ke depan. Masyarakat Kamoro juga diajak untuk tidak lagi menjual tanah kepada orang lain. Hal itu diungkapkan Tokoh Masyarakat, Aleks Tsenawatme, Rabu (17/3).

“Saya berharap masyarakat Kamoro tidak boleh jual tanah, mereka harus pertahankan hak ulayatnya, nenek moyangnya agar generasi penerus kita, anak-anak cucu kita tetap punya hak di daerah ini,” jelasnya.

Aleks yang juga Wakil Ketua I DPRD Mimika ini mengatakan masyarakat Kamoro harus terus bertahan hidup di bumi leluhurnya ini dengan tetap memiliki tanah. Ia juga berharap agar masyarakat lokal ke depanya terus dapat hidup berdampingan dengan masyarakat lainya di tengah kota yang semakin berkembang ini.

Lanjutnya, masyarakat Kamoro harus bisa mempertahankan adat istiadat dna budaya leluhurnya sehingga mereka tidak tergerus oleh pesatnya arus perkembangan zaman.

Wakil rakyat dari Partai Nasdem ini menambahkan, dengan dukungan penuh dari pemerintah, masyarakat Kamoro harus mulai terbiasa dengan pola kehidupan bersama masyarakat lainya. Walaupun dukungan anggaran maupun program tidak berhenti diterima, namun ke depan ia berharap agar masyarakat Kamoro bisa lebih mandiri dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya.

“Saya harapkan kita semua bisa mendampingin mereka, sehingga kelak mereka bisa mandiri dalam artian bisa bertahan dan ada di bumi leluhurnya ini,” pungkasnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *