oleh

Inspektorat Validasi Progres Pekerjaan Sebelum OPD Bayar Utang

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika memutuskan membayar utang dengan menggunakan Peraturan Bupati tentang Perubahan Penjabaran APBD Tahun 2021. Sebelum dilakukan pembayaran Inspektorat melakukan validasi data utang bahkan kembali memeriksa progress pekerjaan.

Inspektur Pemerintah Kabupaten Mimika, Sihol Parningotan yang ditemui di kantornya, Kamis (18/3) kemarin mengatakan empat tim sudah dibentuk untuk melakukan kajian dan validasi atas utang OPD. Tim itu terdiri dari inspektur pembantu dan pengendali teknis.

Setelah mendapat data atau laporan utang yang akan dibayarkan, tim saat ini kata Sihol sudah turun ke lapangan melakukan validasi persentasi pekerjaan. “Jadi nanti OPD atau pihak ketiga yang melakukan penagihan utang untuk pencairan harus bawa hasil validasi dari Inspektorat,” katanya.

Pagu anggaran untuk pembayaran utang memang sudah dialokasikan. Tapi tetap divalidasi. Dimana OPD mengusulkan data utang yang sudah berbentuk SP2D atau mau pencairan. “Contoh dianggaran Rp 10, validasi Inspektorat berapa apakah betul Rp 10. Jadi ya dicairkan kalau sudah ada validasi dari Inspektorat,” jelasnya.

Sihol mengungkapkan yang akan menjadi prioritas pembayaran adalah kegiatan rutin OPD yang belum terbayarkan. Juga honorarium yang belum sempat dibayar seperti honor PPTK atau tim yang masuk ke rekening langsung.

Ia menegaskan, Inspektorat hanya sebatas melakukan validasi. Selanjutnya untuk pembayaran merupakan ranah atau wewenang dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah tapi atas rekomendasi berdasarkan hasil validasi Inspektorat. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *