oleh

85 Persen Usaha Pariwisata sudah dapat Rekomendasi TDUP

TIMIKA – Sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Pusat pada tahun lalu mengucurkan dana hibah untuk sektor pariwisata. Sayangnya dana itu batal dinikmati pelaku industri pariwisata di Mimika seperti hotel, restoran dan rumah makan. Pasalnya tidak ada satupun yang memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Belajar dari pengalaman itu Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Mimika mendorong dan memfasilitasi pelaku usaha perhotelan, restoran dan rumah makan mengurus TDUP. Kepala Disparbudpora Mimika, Bernadinus Songbes mengungkapkan sudah sekitar 85 persen yang mendapatkan rekomendasi.

Bernadinus yang ditemui di Kantor Pusat Pemeirntahan, Senin (22/3) kemarin mengungkapkan bidang pariwisata sudah menginventarisir dan sudah 85 persen terutama hotel dan restoran yang sudah mendapatkan rekomendasi dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. “Itu sudah kita limpahkan ke PTSP untuk diterbitkan izinnya,” katanya.

Rumah makan kata Bernadinus juga termasuk tapi khusus yang memang memenuhi syarat. Seperti tempat usaha permanen, bukan warung tenda. Sementara untuk hotel semua kelas baik itu melati sampai berbintang.

Disparbudpora berharap TDUP segera diterbitkan agar pelaku usaha bisa melengkapi dokumen. Apalagi ada wacana dari pemerintah pusat untuk melanjutkan bantuan pemulihan ekonomi khusus bagi dunia pariwisata. “Saya ikuti perkembangan komentar Pak Menteri, lagi sementara digodok mudah-mudahan tahun ini ada lagi jadi kita buru untuk penuhi persyaratan itu,” ujarnya.

Jangan sampai jika dunia usaha tidak memiliki TDUP maka dana bantuan itu tidak bisa dicairkan. Sebab TDUP adalah persyaratan mutlak. Seperti tahun lalu dimana dana hanya dicairkan 30 persen dan dikelola oleh Pemda Mimika untuk membangun fasilitas di ekowisata mangrove dan pembentukan desa wisata di Kampung Iwaka.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *