oleh

Pemda Mimika Biayai12 Mahasiswa Kuliah di Luar Negeri

TIMIKA – Sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Mimika khususnya putra-putri Amungme dan Kamoro, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika mengalokasikan beasiswa untuk kuliah sampai di luar negeri.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Setda Mimika, Marthinus Nuboba yang ditemui di kantornya, Senin (22/3) kemarin mengungkapkan meskipun keuangan daerah sedang menurun namun program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa tetap dijalankan.

Terutama kata dia bagi pelajar dan mahasiswa asal Mimika yang sedang kuliah di luar negeri. Ia menyebut, mahasiswa Mimika yang mendapat beasiswa Pemda tersebar di lima negara yakni di California Amerika Serikat ada 4 orang, China ada 2 orang, Jerman ada 2 orang, Australia ada 3 orang dan Filipina ada satu orang. “Jadi beasiswa tetap berjalan,” katanya.

Marthinus tidak mengungkapkan secara detail berapa biaya yang digelontorkan untuk beasiswa pelajar asal Mimika tersebut. Namun ia menyatakan semuanya murni dibiayai Pemda Mimika. Selain yang kuliah di luar negeri, beasiswa bagi yang kuliah di beberapa kampus yang memang bekerjasama dengan Pemda seperti STIPAN juga masih berjalan.

Hanya saja bantuan pendidikan yang selama ini biasanya diberikan kepada pelajar dan mahasiswa yang tersebar di 15 kota studi tidak ada. Hanya sebatas bantuan operasional untuk asrama seperti pembayaran air, listrik, WiFi. “Itu yang bisa kami jalankan tahun ini khusus untuk mahasiswa,” katanya.

Ia mengungkapkan berdasarkan data ada 1.123 pelajar dan mahasiswa asal Mimika yang selama ini mendapat bantuan pendidikan. Tapi karena situasi keuangan daerah akibat Covid-19 maka tahun ini tidak ada alokasi anggaran. “Dana kami kecil sehingga tidak bisa akomodir semua. Bantuan pendidikan tahun ini tidak ada dana. Dari Otsus, saya belum tahu karena sampai saat ini kita belum tahu,” jelasnya. (sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *