oleh

Sekolah Tatap Muka, Dewan Tegaskan Harus Tetap Patuhi Prokes

TIMIKA – Sekolah tatap muka sudah mulai digelar Senin (22/3) kemarin. Beberapa sekolah yang telah membuka aktivitas belajar dan mengajar langsung untuk siswa kelas VI SD dan IX SMP ini ditegaskan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) agar angka penularan Covid-19 tidak meningkat.

Anggota Komisi C DPRD, Anthon Bukaleng saat ditemui Radar Timika mengatakan ia mendukung kebijakan pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Dasar yang sudah mulai memperbolehkan siswa-siswi di jenjang pendidikan akhir masuk sekolah.

Namun, kebijakan tersebut kata Anthon harus benar-benar dilaksanakan oleh sekolah dengan penuh tanggung jawab. Sekolah sebutnya harus mematuhi Prokes yang benar sehingga tidak timbul klaster baru dari dunia pendidikan.

“Sekolah harus benar-benar patuhi protokol kesehatan, guru-guru harus dampingi, awasi siswa agar protokol kesehatan ini benar-benar dilaksanakan,” ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, sekolah-sekolah yang sudah diberikan rekomendasi untuk belajar tatap muka harus mempersiapkan penerapan protokol kesehatan dengan sarana pendukungnya seperti fasilitas cuci tangan, hand sanitizer, menyediakan masker dan selalu mengupayakan agar anak menjaga jarak.

“Masker, fasilitas cuci tangan dan anak jaga jarak itu harus selalu diperhatikan guru,” ujarnya.

Anthon menambahkan, berdasarkan keinginan orang tua siswa juga, anak-anak yang selama setahun belajar dari rumah ini memang sangat bahagia menyambut adanya tatap muka di sekolah. Namun, yang diharapkan oleh orang tua juga agar anak-anak mereka bisa tetap sehat setelah belajar dari sekolah.

Orang tua sebutnya, akan mendukung penuh upaya pemerintah untuk membuka kembali aktivitas di sekolah dengan catatan sekolah juga siap melaksanakan apa yang menjadi kesepakatan bersama pemerintah dalam penerapan Prokes.

Para guru dan tenaga lainya di sekolah sebutnya juga harus mematuhi Prokes, agar semua aman dan sehat serta jauh dari wabah global ini.

“Guru-guru juga harus pakai masker, supaya sehat karena sekolah memang penting dan tatap muka ini lebih baik,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *