oleh

Wakapolda Apresiasi Pembentukan Pos Peka dan Motivasi Warga

TIMIKA – Sejumlah warga yang berjaga di Pos Peka khususnya di SP II dan Jalan Matoa, Sabtu (20/3) malam menerima kunjungan Wakapolda Papua, Brigjen Pol Eko Sudarto. Warga yang berjaga diberikan motivasi berupa semangat serta diingatkan, untuk tetap menjaga kesehatan di masa pandemi.

Brigjen Eko Sudarto kepada wartawan, menyampaikan apresiasinya atas pembentukan Pos Peka yang berjumlah 76 unit di Mimika dalam sebulan. Pos Peka dinilai dapat menghadirkan simbiosis dengan Polri dalam menjaga Kamtibmas. Antusiasme masyarakat dalam pembentukan Pos Peka akhirnya menghasilkan keamanan lingkungan.

“Saya bertanya di beberapa spot yang saya kunjungi tadi, ya itu, aman itu terwujud, tercipta,” ujarnya.

Di situasi pandemi, ia juga mengingatkan para warga yang berjaga untuk tetap menggunakan masker dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Karena hal itu termasuk salah satu bagian yang diamankan.

“Aman secara fisik ya itu, kehadiran petugas jaga. Sedangkan secara pribadi, aman itu kita harus menjaga imun kita,” katanya.

Ia mengapresiasi warga yang selama ini sudah mau terlibat dalam melakukan ronda. Termasuk apresiasi kepada anggota kepolisian yang selalu berkolaborasi, berinteraksi untuk menjaga keamanan. Ia memotivasi petugas dan warga, untuk terus semangat menjaga keamanan dan imun.

“Harapan saya, ini bisa dijadikan model untuk menghadirkan keamanan yang sesungguhnya. Di Timika semua bisa mengadopsi (pembentukan Pos Peka) ini. Di wilayah yang tadinya ada gejolak baik orang mabuk atau kebut-kebutan bisa tereliminasi dengan adanya Pos Peka,” ungkapnya.

Pos Peka, lanjut Brigjen Eko, bisa saja ke depannya menjadi model bernama community policing atau pemolisian masyarakat.

“Artinya, masyarakat sendiri sudah menjadi polisi bagi warganya sendiri. Kalau untuk cakupan keluarga, warga bisa mengamankan dirinya sendiri dan keluarganya,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *