oleh

Matias Divonis 16 Bulan Penjara

TIMIKA – Pengadilan Negeri Kota Timika menjatuhkan pidana penjara selama 16 Bulan terhadap terdakwa Matias dalam kasus pembunuhan korban bernama Tadius Akimuri, yang terjadi pada pertengahan tahun lalu. Hal itu diputuskan majelis hakim dalam sidang putusan yang digelar pada Selasa (23/3).

Majelis Hakim yang terdiri dari Hakim Ketua, Ida Bagus Bamadewa Patiputra, dan Hakim Anggota, Wara LM Sombolinggi serta Sarmaida ER Lumban Tobing menilai, terdakwa Matias Malindir alias Tias atau MM tersebut terbukti secara sah dan meyakinkan, bersalah melakukan tindak pidana membantu melakukan penganiayaan yang mengakibatkan matinya seseorang.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa tersebut oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 4 (empat) bulan. Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Menetapkan Terdakwa tetap berada dalam tahanan,” ujar Hakim Ketua, Ida Bagus.

Dalam sidang tuntutan, Jaksa Penuntut Umum, Imelda Simbiak meminta terdakwa dapat dijatuhi hukuman selama dua tahun, karena melanggar Pasal 351 Ayat (3) juncto Pasal 56 KUHPidana yang dijelaskannya dalam dakwaan kesatu.

Sebagaimana diketahui, kasus ini terjadi pada Minggu (14/6/2020) silam. Di mana korban bernama Tadius Akimuri dianiaya pelaku berinisial MF pada dini hari. Pelaku saat itu mengayunkan parang ke arah korban, yang mengakibatkan korban mengalami luka sobek pada kepala dan lengan kanan dan meninggal dunia. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *