oleh

Dinas Perikanan Jalankan Lima Program Tahun Ini

TIMIKA – Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) sudah ada di tangan setiap Organisasi Perangkat Daerah (DPA). Tanpa menunggu waktu, OPD mulai bergerak untuk memulai kegiatan. Seperti Dinas Perikanan yang sudah membentuk Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

Kepala Dinas Perikanan, Leentje Siwabessy yang ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Rabu (24/3) kemarin mengatakan ada tiga kegiatan yang akan dijalankan tahun ini. Pertama lanjutan pembangunan di Balai Benih Ikan SP 13 yang belum tuntas karena terdampak refokusing Tahun 2020 lalu. Fasilitas  yang akan dibangun yaitu lanjutan pembangunan mes dan sarana jaringan air sampai ke kolam.

Kedua diungkapkan Leentje, pembangunan wisata kuliner perikanan di kawasan PPI Pomako. Ketiga, pembangunan pasar khusus ikan air tawar di Pasar Sentral. Dinas Perikanan akan menyediakan fasilitas seperti akuarium sebagai tempat penampungan ikan sehingga pembeli bisa melihat dan membeli. “Setiap kelompok budidaya binaan Dinas Perikanan akan masuk di situ dengan mereka punya ikan budidayanya supaya bisa dibeli masyarakat,” terangnya.

Sekaligus kata Leentje, untuk mengajak masyarakat untuk konumsi ikan bukan hanya ikan laut tapi juga ikan air tawar yang memiliki nilai gizi sangat tinggi supaya sektor perikanan berjalan baik itu ikan laut, ikan air tawar serta ikan olahan.

Program lain yang juga akan dijalankan tahun ini yaitu bantuan benih ikan air tawar. Bantuan perahu dan alat tangkap bagi nelayan pesisir di beberapa distrik. Bantuan ini ditujukan bagi kelompok bukan perorangan. (sun)  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *