oleh

Tetap Laksanakan PON XX, Pemerintah Diminta Patuhi Prokes

TIMIKA – Pemda Mimika yang akan tetap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 Papua, diharapkan tetap patuh pada penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) guna menghindari penyebaran Covid-19. Berbagai kiat khusus harus dilaksanakan oleh Sub PB PON Mimika agar perhelatan akbar skala nasional ini bisa tetap terlaksana dengan maksimal.

Panitia disebutkan Anggota Komisi B DPRD Mimika, M Nurman S Karupukaro, Rabu (24/3) harus terus berupaya untuk melaksanakan penerapan Prokes yang ketat agar sebagai tuan rumah, Timika tidak hanya sukses dengan prestasi, tetapi juga sukses sebagai penyelenggara.

Salah satu hal yang tidak bisa dihindari pada perhelatan olahraga dan pertandingan di Papua kata Nurman, adalah euforia penonton. Untuk itulah, pertandingan di venue-venue Timika tetap bisa dilakukan walaupun dengan mengurangi jumlah penonton.

“Tidak bisa kalau pertandingan olahraga di Papua ini tanpa penonton, paling tidak kalau tidak sampai 50 persen, cuku 25 penonton,” ujarnya.

Lanjut Nurman, salah satu tata cara yang bisa dilakukan untuk penerapan Prokes pada event PON juga dengan mengatur jarak penonton. Masyarakat Papua yang pertama kali akan menyaksikan langsung PON di daerah ini kata Nurman, harus diberikan kesempatan untuk melihat langsung pertandingan di lapangan.

“Papua ini beda, untuk euforia olahraga ini luar biasa, jika diberikan aturan pembatasan penonton, jaga jarak dan yang nonton ini gratis, saya rasa ini sangat baik,” jelas Nurman.

Ditambahkanya, untuk melibatkan masyarakat dalam event nasional di Timika ini, selain penonton bisa datang langsung ke venue, panitia dan pemerintah juga harus memikirkan cara agar semua masyarakat yang tidak datang ke pertandingan bisa ikut menyaksikanya lewat media lain.

“Harus ada media lain yang mendukung agar semua masyarakat yang tidak datang langsung nonton di stadion, agar bisa saksikan langsung misal lewat media handphone,” pungkasnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *