oleh

Masyarakat Djayanti Butuh Sentuhan Pembangunan

TIMIKA – Masyarakat di Kampung Mimika Gunung (Djayanti) Distrik Kuala Kencana, sangat membutuhkan dukungan penuh pemerintah. Sampai saat ini 250 Kepala Keluarga (KK) dengan kurang lebih 1000 jiwa ini masih hidup dalam keterbelakangan dan tidak ada fasilitas penunjang dalam kehidupan sehari-hari.

Tokoh masyarakat di Djayanti yang juga Anggota DPRD Mimika, Sasiel Abugau kepada Radar Timika, Kamis (25/3) mengatakan masyarakat Amungme yang tinggal di Kampung Mimika Gunung, belum merasakan kehadiran pemerintah sepenuhnya. Mereka kata Sasiel, hidup seadanya dengan tidak mendapatkan fasilitas penerangan maupun air bersih.

Bahkan, sebutnya mereka belum mempunyai rumah kayak huni dan terpaksa tinggal di tempat yang seadanya saja. Sebagai wakil rakyat, kata Sasiel, ia tidak tinggal diam karena apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sudah ia usulkan lewat Pokok Pikiran (Pokir) selama dua tahun ia duduk di kursi Legislatif. Namun, ia sangat menyayangkan karena belum ada satupun usulan tersebut diakomodir oleh Eksekutif.

“Sudah dua kali di Pokir saya sampaikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, tapi mereka (pemerintah) belum sama sekali akomodir, maka saya tegaskan mereka harus bantu dan dukung masyarakat dengan program pembangunanya,” ungkap Sasiel.

Sasiel yang juga Politisi PDI-P ini mengatakan, beberapa kebutuhan yang diharapkan oleh masyarakat di Kampung Mimika Gunung yakni perumahan untuk masyarakat, air bersih, jembatan, jalan dan sekolah.

Bila mengingat bahwa masyarakat di Dajayanti adalah masyarakat Amungme sebagai pemilik hak Ulayat di Kabupaten Mimika ini, maka Sasiel berharap agar pemerintah bisa menurunkan anggaran guna membiayai proyek pembangunan dan programnya di Kampung Mimika Gunung ini.

“Mereka ini masyarakat yang punya tanah ini, jadi saya sangat meminta tolong kepada pemerintah turunkan program di sana, jangan pembangunan di dalam kota terus,” pungkasnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *