oleh

Pemda Kembali Alokasikan Hibah Bagi TNI dan Polri

TIMIKA – Sebagai bentuk sinergitas dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika kembali mengalokasikan anggaran untuk hibah kepada TNI dan Polri. Ini bukan pertama kali, tapi sebelumnya juga pernah dilakukan.

Sekretaris Daerah Mimika, Michael Gomar, SSTP MSi kepada wartawan di Hotel Cenderawasih 66 usai menghadiri salah satu kegiatan, Jumat (26/3) lalu mengatakan hibah yang dialokasikan melalui Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Mimika berupa barang dan bangunan. Bukan dalam bentuk dana.

Ia menegaskan bahwa Pemda bisa memberikan hibah kepada instansi vertikal yang berkedudukan di Mimika, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, bahkan masyarakat itu sendiri. “Jadi itu tidak menyalahi aturan yang berlaku,” tandasnya.

Mengenai hibah kepada instansi vertikal diungkapkan Sekda, bukan dalam bentuk uang tunai tapi barang atau bangunan. Pelaksanaan mulai dari perencanaan sampai pada selesainya ditangani langsung oleh Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Mimika. Nantinya akan dicatat sebagai aset Pemda Mimika kemudian dihibahkan yang dituangkan dalam naskah hibah.

Jadi ditegaskannya, hibah bagi TNI dan Polri bisa dilakukan oleh Pemda sepanjang kemampuan keuangan daerah bisa. Itu juga sesuai dengan Permendagri 123 Tahun 2018 yang bisa memberikan kesempatan kepada Pemda untuk memberikan bantuan sosial dan hibah kepada instansi vertikal.

Gomar mengungkapkan, ini bukan pertama kalinya Pemda Mimika memberikan hibah berupa pembangunan bangunan dan pengadaan barang bagi instansi vertikal terutama TNI dan Polri tapi sebelumnya juga sudah dilakukan. Seperti pembangunan rumah tahanan, gedung TP4D di Kejaksaan Negeri Timika dan pemberian hibah berupa kendaraan operasional bagi TNI dan Polri. “Jadi kalaupun ada yang mempertanyakan, itu tidak menyalahi aturan. sepanjang Pemda punya kemampuan keuangan melakukan bantuan sosial dan hibah kepada masyarakat,” tegasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *