oleh

668 Personel Siap Amankan Pelaksanaan Ibadah Paskah

TIMIKA – Personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan sejumlah organisasi masyarakat yang peduli dengan keamanan, siap untuk mengamankan sejumlah tempat ibadah, dalam hal ini gereja agar lancar dan aman dalam melaksanakan ibadah paskah. Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, dalam rangka pengamanan Paskah 2021, yang berlangsung di Hotel Cendrawasih 66, Rabu (31/3) sore.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata melalui Kabag Ops Polres Mimika, AKP Roberth Hipiteuw menyampaikan, pengamanan akan mulai dilakukan pada Kamis (1/4) hingga Senin (5/4) mendatang. Ia menyebut, ada sekitar 17 gereja yang dinilai cukup besar yang perlu mendapat perhatian untuk penjagaan.

“Untuk gereja-gereja kecil akan tetap kami jaga. Bisa nanti dibantu dengan para anggota Pos Peka setempat. Termasuk jika ada anggota aparat keamanan yang dekat gereja kecil juga, nanti dia akan ikut mengamankan. Pasti akan dibackup juga dengan patroli rutin,” ujarnya.

Jumlah personel yang diturunkan untuk melakukan pengamanan selama pelaksanaan ibadah paskah tersebut mencapai 600 personel gabungan.

“Sekitar 668 personel lah. Itu disesuaikan dengan banyaknya jemaat yang beribadah di 17 gereja besar tersebut,” sebutnya.

“Tidak semua 668 personel itu ditempatkan langsung di 17 gereja yang dimaksud. Nanti disesuaikan dengan membludak tidaknya jemaat yang datang beribadah,” sambung AKP Roberth.

Khusus untuk pengamanan di gereja-gereja besar, ia menyebut akan dilakukan penjagaan dua ring. Di mana ring pertama ditempatkan di bagian pintu masuk, dan ring kedua berada di bagian dalam, yakni di keseluruhan sisi.

Rencananya, setelah apel gelar pasukan yang direncanakan digelar besok, akan ada netralisasi tempat oleh tim penjinak bom oleh personel Brimob. AKP Roberth berharap, pengamanan yang berjalan mulai Kamis ini dapat berjalan dengan baik. Kerjasama TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan Ormas yang peduli dengan keamanan disebutnya dapat menghasilkan nilai toleransi yang tinggi di Kabupaten Mimika.

Selain Kabag Ops, AKP Roberth, Ketua Orari Kabupaten Mimika Munawir Yakob, Ketua DMI Kabupaten Mimika Ustad H M. Muthalib Elwahan, Ketua FKUB, Ignatius Adii dan perwakilan dari TNI dalam hal ini Kodim 1710/Mimika juga turut hadir dalam rapat. Di mana semua undangan tersebut berharap pelaksanaan ibadah Paskah hingga selesainya nanti, dapat berjalan dengan aman dan lancar. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *